Alternatif Penyeberangan ke Nusa Penida, Ini Harga Tiket Naik Fast Boat dari Sanur

Tiket Naik Fast Boat - www.gilitickets.comTiket Naik Fast Boat - www.gilitickets.com

Pulau sebenarnya punya potensi wisata yang masih sangat luas untuk terus digali. Selama ini mungkin lebih banyak maupun yang lebih sering berkutat di Denpasar, padahal sebenarnya juga ada spot lain yang tak kalah menarik seperti Pulau Nusa Penida. Akses transportasi ke Nusa Penida memang masih harus menyeberang naik kapal cepat (fast boat) dari Sanur. Tarif atau harga boat dari Sanur ke Nusa Penida dipatok variatif, tergantung vendornya.

Selain ditentukan dari penyedia jasa penyeberangan, harga tiket fast boat Sanur ke Nusa Penida juga ditentukan dari agen travel yang dipilih. Beberapa agen perjalanan biasanya menerapkan biaya yang berbeda. Menurut dari salah satu agen, harga tiket one way (sekali jalan) untuk vendor Sri Rejeki Fast Boat dan El Rey Junior dikenai tarif menyeberang ke Nusa Penida sebesar Rp 90 ribu per orang, lalu Angel Billabong, Maruti Xpress, dan Dwi Manunggal tarifnya Rp 100 ribu, Crown Fast Cruises dikenai biaya tiket Rp 125 ribu per orang, dan yang paling murah ada Mola-Mola Fast Boat seharga Rp 80 ribu per orang.

Tiap perusahaan speedboat memiliki jadwal yang berbeda-beda, ada yang melayani penyeberangan dari Sanur ke Nusa Penida sebanyak 2 kali, 3 kali, hingga 6 kali dalam sehari dengan jam keberangkatan mulai pagi hari pukul 07.00 WITA sampai 16.00 WITA.

Menurut Wakil Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Klungkung I Ketut Gunawan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini, pariwisata di Nusa Penida kian berkembang pesat dengan jumlah kunjungan per hari bisa mencapai 10.000 wisatawan. Tingkat keterisian kamar penginapan di Nusa Penida juga mengalami peningkatan selama 2 tahun terakhir, dari 75% pada 2016 menjadi 80% pada 2017.

Kepala Dinas Pariwisata Klungkung I Nengah Sukasta menuturkan bahwa selama ini tak ada masalah dalam hal penyeberangan dari Bali ke Nusa Penida. Ada beberapa titik penyeberangan dari Bali, misalnya Pantai Sanur, Pantai Kusamba, dan Pelabuhan Padang Bai. Jika dari Padang Bai bisa menyeberang dengan Kapal Roro, sedangkan dari Sanur dan Kusamba bisa naik kapal cepat.

“Tergantung dari mana, kalau dari Sanur iya [sulit melakukan penyeberangan], kalau dari Klungkung [Pantai Kusamba] juga disediakan kapal cepat, kalau ke Nusa Penida lewat Sanur di sana memang agak susah, karena tidak ada pontoon [penyeimbang kapal boat dari terjangan ombak], kalau lewat Pelabuhan Tri Buwana di Pantai Kusamba justru lebih aman dan kaki tidak basah,” katanya, seperti dilansir Bisnis.

Loading...