Alternatif Jus Menyegarkan, Berapa Harga Buah Nipah?

Ilustrasi : Buah Nipah - steemit.com

ACEH/CILACAP – Mungkin sebagian besar dari Anda masih asing dengan bernama nipah. Ini adalah yang diklaim memiliki banyak manfaat, antara lain kaya kandungan antioksidan serta mengandung karbohidrat cukup . Menyegarkan jika dibuat untuk jus di siang dan sore hari, harga buah nipah saat ini berkisar Rp10 ribuan di beberapa situs jual beli .

Dilansir dari Brilio.net, beberapa waktu lalu, para peneliti dari Universitas Jambi sempat melakukan studi terhadap buah nipah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur. Menurut tersebut, buah nipah ternyata memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, yang dapat diolah menjadi bahan makanan, kuliner, bahkan menjadi bahan tepung untuk bayi.

“Para peneliti melakukan penelitiannya di beberapa daerah, antara lain di Tungkal, di salah satu kampung nelayan yang banyak didapati pohon nipah yang tumbuh subur dengan buah yang lebat,” ujar Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jambi, Dr. Dariah Renata. “Sayangnya, pemanfaatan buah nipah belum menjadi prioritas dari setempat.”

Berbeda dengan di Jambi, di Aceh Singkil, buah nipah ternyata telah menjadi salah satu kuliner yang cukup laris. Buah ini disulap menjadi jus nipah dan sop buah nipah, yang disajikan dalam gelas plastik dengan harga Rp8 ribu per gelas. Dicampur dengan air, gula cair, , serta es, jus buah nipah terasa sangat menyegarkan.

“Buah nipah kami ambil dari Singkil Lama. Awal-awal kami cari sendiri, lalu setelah laris, sudah ada warga yang memasok,” ujar pedagang jus buah nipah, Riyan, ketika pameran hari jadi ke-19 Aceh Singkil. “Saya menjual kreasi jus dan sop buah nipah di sini sebagai ajang uji coba serta perkenalan kepada masyarakat luas.”

Tidak hanya di Aceh Singkil, buah nipah yang telah diolah menjadi minuman jus juga dapat Anda temui ketika berkunjung ke objek wisata hutan payau di Kelurahan Tritih Kulon, Cilacap Utara. Tak afdol rasanya mengunjungi spot ini tanpa mencicipi kuliner jus buah nipah atau familiar disebut dengan jus kiwel. “Tadinya saya hanya menjual es buah, tetapi kurang diminati. Akhirnya, saya menjual jus buah kiwel ini di warung,” kata pedagang bernama Hesti Purbaningsih.

Loading...