Alat Jadul, Harga Penghapus Papan Tulis Kapur Sangat Terjangkau

Penghapus, harga, papan, tulis, hitam, whiteboard, spidol, terjangkau, alat, tombol, debu, gangguan, pernapasan, teknologi, pack, vakumIlustrasi: penghapus untuk papan tulis kapur

JAKARTA – Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, era hitam yang memerlukan kapur memang berangsur tergantikan dengan white board yang ditulisi spidol. Namun, di beberapa daerah pelosok , tulis ini masih bertahan. Karena itu, kebutuhan penghapus tulis kapur pun masih cukup tinggi. Tidak mengherankan jika kemudian masih ditemukan pedagang yang menawarkan ini dengan yang terjangkau.

Jika Anda menelusuri beberapa situs jual beli online, Anda akan menemukan banyak pedagang yang menjual penghapus papan tulis kapur. Biasanya ditawarkan per pack dengan isi 12 buah, penghapus papan tulis kapur ini dijual dengan harga sekitar Rp10 ribu sampai Rp13,5 ribuan. Namun, ada juga yang menjual dengan harga Rp20 ribu per pack. Sementara, jika membeli per buah, harganya sekitar Rp2.000.

Sebenarnya, dibandingkan papan tulis putih atau whiteboard, yang ditulisi spidol, efektivitas dan papan tulis hitam memang kalah. Pasalnya, ketika menghapus tulisan, maka debu-debu dari kapur akan beterbangan. Hal ini yang kemudian dapat menyebabkan kotor serta mengakibatkan gangguan pernapasan, seperti batuk-batuk, pada si penghapus tulisan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, pada tahun 2014 lalu, dua orang di Taiwan bernama Amber Wu dan Brian Chen sempat menciptakan sebuah alat yang diberi nama ‘Dus Buster’. Ini diklaim sebagai penghapus papan tulis yang ramah lingkungan dan kesehatan. Tampak seperti penghapus papan tulis biasa, di dalam alat ini telah dipasang berbagai alat yang dapat menyerap debu kapur sehingga tidak beterbangan ke mana-mana.

“Di dalam penghapus ini, kami memasang alat vakum yang dapat menyerap debu kapur ke dalam. Di bagian samping vakum, kami juga membuat pengumpul debu kapur sehingga nanti bisa dibuang,” kata Brian, seperti dilansir Detik. “Ada sebuah tombol di bagian atas penghapus yang harus dinyalakan terlebih dahulu. Ketika bekerja, maka menghapus akan terlihat mudah tanpa harus khawatir debu-debu kapur beterbangan dan mengganggu pernapasan.”

Loading...