Alami Kebotakan? Siapkan Biaya Segini Jika Ingin Tanam Rambut

Ilustrasi : Seseorang yang mengalami kebotakanIlustrasi : Seseorang yang mengalami kebotakan

Alopecia atau kebotakan menjadi salah satu momok bagi kaum . Dulu hal ini seolah menjadi suatu masalah yang tak ada solusinya. Namun kini dengan kemajuan zaman, para maupun yang mengalami kerontokan atau kebotakan bisa menjajal salah satu yang dinamakan atau hair transplant. tanam biasanya dihitung per graf atau per helai yang hendak ditanam ke kulit kepala. Semakin luas area kebotakan, maka akan semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.

Tanam rambut saat ini juga sudah banyak tersedia di sejumlah klinik yang ada di , misalnya saja di Farmanina Hair and Beauty Clinic. Menurut Farmanina Hair & Beauty Clinic, Dr. Cintawati Farmanina, M. Biomed (AAM), Direct Hair Implantation adalah teknik restorat rambut dengan ekstraksi unit folikel rambut dari bagian yang cukup atau daerah donor ke bagian dengan rambut yang kurang atau botak. Daerah donor merupakan bagian rambut yang masih lebat dan sehat. “Itu adalah rambut di bagian samping dan belakang kepala,” ujar Farmanina, seperti dilansir Tempo.

Untuk urusan biaya, di klinik satu ini tahun 2017 lalu mematok biaya sekitar Rp 30 ribu per helai rambut. “Kalau botaknya sudah sampai setengah kepala, itu enggak bisa,” bebernya. Oleh sebab itu, ia menyarankan sebelum rambut menipis dan botak meluas, sebaiknya segera melakukan transplantasi supaya masih tersedia rambut donor.

Selain di Farmanina, ada juga The Clinic Indonesia yang menawarkan harga Rp 50 ribu per strip rambut untuk metode transplantasi FUT atau Rp 75 ribu per graft untuk metode FUE (Follicular Unit Extraction). Kemudian di EsterCenter, klinik dari Turki yang berafiliasi di Indonesia menawarkan harga Rp 71,3 jutaan.

Yang lebih menarik lagi, pemain Juventus, Cristiano Ronaldo juga membuka klinik transplantasi rambut bernama Insparya di Spanyol. Metode tanam rambut di klinik milik Ronaldo ini dalam sekali memakan waktu sekitar 6 jam dengan biaya berkisar antara 4.000 hingga 7.000 euro atau setara Rp 64 juta hingga Rp 112 jutaan.

Loading...