Akses Transportasi Makin Mudah, Wisata ke Pulau Bawean Bisa Naik Kapal atau Pesawat

Pulau Bawean - tempatwisataindonesia.idPulau Bawean - tempatwisataindonesia.id

Bawean termasuk salah satu destinasi yang layak untuk dikunjungi di Kabupaten Gresik, . Pulau Bawean sendiri berjarak sekitar 120 km di sebelah utara Gresik. Meskipun pengembangannya masih tergolong lebih lambat dibandingkan kepulauan kecil lainnya di Jawa, nyatanya akses berupa penginapan maupun akses transportasi ke Pulau Bawean terus dikembangkan.

Untuk pelesir ke Pulau Bawean, setidaknya ada beberapa alternatif akses transportasi yang bisa dipilih, yakni menggunakan kapal laut atau naik pesawat dari Surabaya. Tak usah khawatir, sebab sejak 2016 lalu pemerintah sudah membuka bandar udara bernama Bandara Harun Thohir di Pulau Bawean untuk memudahkan akses masyarakat yang ingin datang dan pergi ke pulau eksotis ini.

Apabila ingin naik kapal ke Bawean, terdapat beberapa kapal ferry/speed boat/fast boat yang bisa dipilih, antara lain Express Bahari, Natuna Express, atau KMP Gili Iyang. Adapun untuk Express Bahari 8E memiliki keberangkatan dari Gresik ke Bawean setiap hari Selasa, Kamis, dan Minggu dengan tiket Rp 132.500, eksekutif Rp 146.500, dan VIP Rp 162.500.

Kemudian untuk Natuna Express melayani penyeberangan ke Bawean tiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu dengan tarif tiket ekonomi Rp 132.500 per orang, eksekutif Rp 146.500, dan VIP Rp 162.500. Jika ingin alternatif transportasi yang lebih murah bisa memilih naik KMP Gili Iyang yang berangkat dari Gresik ke Bawean tiap Jumat atau dari Paciran ke Bawean tiap hari Rabu dan Minggu, dengan harga tiket untuk dewasa Rp 76 ribu, anak-anak Rp 59 ribu, dan tiap unit motor Rp 19 ribu.

Tetapi jika kurang suka transportasi lewat jalur laut, tak ada salahnya menempuh jalur udara yang relatif lebih cepat. Penerbangan perintis ke Pulau Bawean dilayani oleh PT Airfast dari Bandara Internasional Juanda Surabaya tiap hari Selasa dan Kamis jam 09.55 WIB dari Surabaya dan pukul 11.25 WIB dari Bawean.

Harga tiket pesawat dari Surabaya ke Pulau Bawean dipatok Rp 302.200, sedangkan dari Bawean ke Surabaya biaya tiketnya hanya Rp 240.200, dengan lama waktu perjalanan sekitar 1 jam saja. Tiap sekali terbang, pergi pulang, Airfast diisi 18 seat yang terdiri dari 15 penumpang dan 3 kru. Namun sejak Mei 2017 lalu, kursi penumpang ditambah 3 menjadi 18 seat. “Seat pesawat selalu full booked,” ujar Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep Wahyu Siswoyo, tahun lalu, seperti dilansir Jawa Pos.

Loading...