Akomodasi Memadai, Harga Tiket Bus Bali-Lombok Rp175 Ribuan

Harga, tiket, bus, bali, lombok, pulau, mataram, terminal, pelabuhan, transportasi, akomodasi, shuttle, overland, kota, angkutan, ferry, kapal, darat, laut, udara, travel, online, Denpasar, Padang Bai, LembarPerjalanan wisata menggunakan transportasi bus

Deburan ombak pantai yang indah, pulau yang masih bersih dan alami, serta masyarakat yang ramah merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi pariwisata Indonesia. Hal-hal tersebut bisa diperoleh dari berbagai wisata di Indonesia seperti Bali. Namun jika sudah bosan mengunjungi Pulau Dewata dan ingin menikmati sensasi liburan yang lain, tak ada salahnya sedikit ke timur, yaitu ke Pulau Lombok. Dengan kelebihan relatif lebih sepi daripada Bali membuat para pecinta pantai akan segera travelling ke pulau ini.

Beberapa tahun yang lalu, beberapa mungkin akan malas berkunjung ke Lombok karena belum adanya dan akomodasi yang memadai dan juga penyeberangan ke pulau tersebut relatif mahal. Namun sekarang ini, Lombok menjadi tujuan wisata andalan di Nusa Tenggara Barat (NTB). Dengan lengkap dan pantai yang terawat tak akan kalah dengan dengan keindahan Pulau Dewata Bali.

Jika Anda sedang berada di Bali dan ingin melanjutkan ke Pulau Lombok, ada beberapa alternatif transportasi yang bisa digunakan. Anda bisa memilih jalur darat, kombinasi dengan jalur Laut, atau bisa lewat jalur udara. Keduanya tentu memiliki kelebihannya masing-masing.

Khusus untuk jalur darat, ada beberapa jenis moda transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Pulau Lombok, yaitu melalui Pelabuhan Padang Bai (salah satu pelabuhan di Pulau Bali yang biasanya digunakan untuk menyeberang ke Pulau Lombok).

Adapun ragam moda transportasi lewat jalur darat tersebut antara lain taksi, sarbagita (sejenis busway), transportasi online, shuttle , overland, rental, travel, ataupun . Namun, dibandingkan dengan taksi di Jakarta, tarif taksi di Pulau Bali sedikit lebih mahal. Hal ini mungkin karena jumlah armadanya yang masih jarang. Selain itu di Pulau Bali juga terdapat kebijakan bahwa jika ingin naik taksi tujuan ke luar /antar dalam provinsi/antar kabupaten ada tambahan sebesar 20%. Jadi kalau kalian mau pergi ke Pelabuhan Padang Bai dari Kota Denpasar, maka akan dikenakan tambahan tersebut.

Jika ingin sedikit berhemat, Anda bisa menggunakan shuttle bus. Ini adalah pilihan alternatif bagi para backpacker, baik mereka yang datang dari luar daerah atau para turis dari mancanegara. Penyedia jasa ini cukup beragam tapi yang paling besar adalah Perama. Konter-konter pejualan tiket Perama tersebar di seluruh daerah wisata yang ada di Lombok. Biasanya, harga yang Anda bayar sudah termasuk dengan jasa penjemputan bus di seluruh daerah wisata dan juga tiket kapal ferry. Untuk menuju Padang Bai, tiket berkisar Rp75 ribuan.

Selain shuttle bus, wisatawan dari Bali yang hendak menuju Lombok lewat jalur darat juga bisa menggunakan pilihan transportasi bus overland. Biasanya penjemputan dari Mengwi Bali menuju pelabuhan Lembar Lombok dikenai tarif tiket seharga Rp175 ribuan.

“Lama penyeberangan ke Pelabuhan Lembar Lombok dari Padangbai Bali adalah 4-5 jam. Sudah sampai di Lembar artinya sudah sampai Lombok dan kalian tinggal cari jalan menuju ke Pelabuhan Khayangan Lombok Timur salah satunya melalui Terminal Mandalika Kota Mataram,” menurut pengalaman salah seorang backpacker.

Untuk menuju pusat Kota Mataram, transportasi yang tersedia di Pelabuhan Lembar adalah angkutan kota, taksi, dan mobil sewaan. Angkutan kota tersedia mulai pukul 06.00 – 17.00 WITA dan biaya yang dibutuhkan mulai Rp10.000. Ambillah angkutan kota dengan tujuan Pelabuhan Lembar ke Terminal Bertais.

Loading...