Ada yang Portable, Bak Cuci Piring Minimalis dari Keramik Dijual Mulai Harga Rp 1,2 Jutaan

Ilustrasi : Mencuci piring dan gelas didalam wastafel

Dalam sebuah dapur, wastafel merupakan salah satu komponen yang cukup penting. Wastafel tersebut biasanya dilengkapi dengan 1 atau 2 lubang bak piring untuk memudahkan para penghuni dalam mencuci bahan-bahan yang hendak dimasak sekaligus memudahkan mencuci piring atau peralatan setelah memasak. Harga bak piring ini cukup variatif, tergantung bahan, merk, dan jenisnya.

Bak cuci piring modelnya memang bermacam-macam, dulu biasanya memang sengaja dibangun permanen, menyatu dengan meja dapur. Kemudian terus berkembang menjadi satu rangkaian dengan kitchen set, hingga kini juga ada wastafel atau tempat cuci piring yang sifatnya portable, sehingga lebih mudah dipindahkan apabila rumah Anda ukurannya atau masih belum memiliki tempat tinggal tetap.

Bak cuci piring atau wastafel keramik portable yang satu set dengan meja kompor dan rak piring aluminium dengan harga cukup murah, hanya berkisar antara Rp 1,2 jutaan hingga Rp 1,3 jutaan saja. Bak cuci piring portabel tersebut biasanya mengombinasikan beberapa seperti keramik, kaca, dan aluminium. Dimensi ukurannya pun ringkas, hanya sekitar 130 x 43 x 105 cm.

Walaupun material keramik cukup mudah dibersihkan dan , ternyata tempat cuci piring disebut-sebut sebagai salah satu area paling kotor yang ada di rumah. “Banyak kuman menempel pada tempat cuci piring, terutama di bagian bak pencuci piring dan karet pada area pembuangan sisa makanan,” seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Dr. Reynold memberi saran agar sisa-sisa makanan pada piring dibuang terlebih dahulu ke tempat sampah. Pasalnya sisa makanan seperti ikan salmon, ayam, dan minyak dapat membuat bak cuci piring lengket sehingga menimbulkan bercak makanan. “Menyentuh wajah usai cuci piring bisa mengantarkan kotoran ke kulit Anda,” sambungnya.

Bak cuci piring rupanya dianjurkan untuk dibersihkan setiap hari setelah mencuci piring daging dan sayuran. Menurut Dr. Reynold, bak pencuci piring juga tetap harus dicuci walaupun sedang tidak digunakan. Caranya, semprotkan disinfektan untuk membunuh bakteri dan virus pada keran serta wastafel. “Jangan hanya mencuci dan meninggalkannya, tetapi biarkan sabun meresap ke area keramik bak cuci piring,” tandasnya.

Loading...