Ada yang Permanen & Bisa Dilepas, Ini Kisaran Biaya Pasang Protesa Gigi

Biaya Pasang Protesa Gigi - www.kompasiana.comBiaya Pasang Protesa Gigi - www.kompasiana.com

palsu menjadi banyak orang yang giginya tanggal atau sudah dalam bentuk tidak sempurna lagi. Selain untuk indikasi kesehatan, penggunaan gigi palsu atau protesa gigi ini juga kerap digunakan untuk keperluan estetik. atau protesa gigi ini cukup , tergantung di mana melakukannya, bahan yang digunakan, dan jumlah gigi palsu yang dibuat.

Sebagai contoh, pembuatan gigi tiruan lepasan berbahan akrilik dipatok sekitar Rp 3,5 jutaan per rahang, sedangkan untuk satu gigi biayanya Rp 200 ribuan saja. Tak jauh berbeda dengan protesa gigi bahan flexy/valplast/thermosten, dikenai biaya Rp 200 ribuan per satu gigi. Harga yang lebih mahal berlaku untuk gigi tiruan bahan metal/frame yang per rahang mencapai Rp 4,7 jutaan.

Selain protesa lepasan, gigi palsu juga ada yang bersifat permanen. Biasanya berwujud implan titanium yang ditanam di tulang rahang. Bagian yang muncul di permukaan dilapisi mahkota, sehingga mirip dengan gigi asli. Kelebihan utama dari protesa gigi ini adalah mudah dalam hal .

“Kekurangannya sih cuma satu, yakni di biaya karena harganya yang cukup mahal. Namun cara implan merupakan cara paling aman,” ujar drg William Tanzil, Sp Pros, dari Hendra Hidayat Dental Center (HHDC), seperti dilansir Detik. Adapun harga gigi tiruan cekat/permanen berkisar mulai dari Rp 775 ribuan hingga Rp 3,5 jutaan. Biasanya bahan seperti acrylic relatif lebih murah, sedangkan bahan porselen zirconia relatif lebih mahal.

Selain menggunakan biaya pribadi, protesa gigi ternyata termasuk perawatan yang juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan asalkan dilakukan atas indikasi medis dan prosedurnya mengikuti peraturan yang berlaku. Pihak BPJS menekankan jika protesa gigi/gigi palsu diberikan pada peserta BPJS Kesehatan yang kehilangan gigi sesuai dengan indikasi medis dan atas rekomendasi dokter gigi.

Tarif maksimal penggantian prothesa gigi yang ditanggung BPJS adalah sebesar Rp 1.000.000 dengan ketentuan tarif untuk masing-masing rahang maksimal Rp 500.000. Rincian per rahang untuk 1-8 gigi biayanya Rp 250.000 dan 9-16 gigi biayanya Rp 500.000.

Loading...