Ada Varian Berbiji & Non Biji, Harga Buah Semangka Ternyata Dipengaruhi Musim

Buah Semangka - www.ummi-online.comBuah Semangka - www.ummi-online.com

Buah semangka selama ini dikenal memiliki kulit berwarna hijau dan buah berwarna merah segar. Namun seiring berjalannya waktu, rupanya banyak yang mengembangkan semangka dalam varietas lain. Oleh sebab itu di sejumlah pusat perbelanjaan layaknya Giant, Superindo, Carrefour, Hypermart, atau sebagainya juga kerap ditemui semangka dengan daging buah berwarna kuning dan ada pula semangka tanpa atau non biji yang biasanya dengan lebih mahal dibandingkan semangka yang berbiji.

Menurut dari Induk Nusantara, harga semangka merah dijual sekitar Rp 6.500 per kilogram, tak jauh berbeda dari semangka merah non biji yang harganya juga berkisar Rp 6.500 per kg. Sedangkan varietas baru dengan bentuk agak lonjong, yakni semangka inul dijual dengan harga antara Rp 7.000 hingga Rp 7.500 per kg. Sementara itu, di Giant harga semangka merah non biji harganya Rp 990 per 100 gram, jika sedang promo biasanya harganya lebih murah lagi. Adapun untuk semangka kuning di Superindo harganya berkisar Rp 1.295 per 100 gr.

Semangka Inul saat ini tengah populer sejak dibudidayakan di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Buah bernama Latin Citrullus lanatus memiliki keunikan dari segi bentuknya yang cenderung panjang dan lebih mirip seperti buah timun suri. Buah semangka inul ini ternyata menjadi tanaman alternatif yang cukup menguntungkan bagi petani di Grobogan.

“Tanam semangka untuk satu hektare lahan, bisa panen hingga 10 ton. Jika dihitung rupiah antara Rp 25 juta dan Rp 30 juta jika harga sedang baik,” beber Abdul Aziz, salah seorang petani semangka, seperti dilansir Liputan 6.

Namun saat memasuki hujan, biasanya tingkat produksi semangka inul akan mengalami penurunan. “Karena hujan masih , semangka tidak bisa tumbuh besar. Biasanya buah yang bisa mencapai antara 5-6 kilogram. Saat sering hujan buah hanya tumbuh sekitar 4-5 kilogram. Jadi lebih kecil buahnya,” tuturnya. Meski demikian, saat hujan kebun semangka justru aman dari tikus.

Sementara itu, menurut salah satu pemborong semangka bernama Sri mengaku jika jual beli semangka umumnya dipengaruhi oleh musim. “Kendati sudah di pasar. Saat hari ini panas dan besok pagi hujan, harga semangka sudah beda. Jika hujan turun, harga semangka juga turun, jadi tidak menentu,” ucap Sri.

Loading...