Acar Mentimun Khas Perancis, Ini Harga Gherkin Pickles

Acar, harga, mentimun, Perancis, gherkin, pickles, wadah, bahan, makanan, burger, hot dog, sandwich, merek, sumber, tekstur, rasa, keju, asamIlustrasi: acar mentimun gherkin prickles (sumber: farmanddairy.com)

JAKARTA – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan mentimun. Tetapi, bagaimana dengan gherkin atau cornichon? Ini juga mentimun, yang konon berasal dari dan sering digunakan sebagai bumbu , pelengkap hidangan, atau garnish. Di Tanah Air, gherkin pickles sekarang ditawarkan dengan berkisar puluhan ribu rupiah.

“Gherkin sering digunakan sebagai bumbu masakan, pelengkap hidangan, atau garnish. Di negara asalnya, gherkin sering disajikan bersama capers untuk melengkapi hidangan babi panggang,” tulis Detik Food. “Meskipun rasanya asam dan agak manis, acar Perancis atau French pickles ini banyak digemari masyarakat sekitar, bahkan mereka mengakui jika rasanya benar-benar nikmat dan menyegarkan.”

Masih menurut sumber yang sama, gherkin terbuat dari mentimun mini. Panjang per buahnya hanya sekitar 2,45 cm dan dipanen sebelum benar-benar matang agar memiliki tekstur yang lebih renyah. Tiap gigitan gherkin yang asam ini akan menyeimbangkan rasa keju dan tekstur yang empuk. “Gherkin juga menjadi salah satu komponen pelengkap steak tartare dan saus tartare untuk pelengkap hidangan laut yang digoreng,” sambung Detik Food.

Sementara itu, NDTV menuturkan bahwa gherkin sebenarnya lebih kecil dan lebih renyah daripada acar. Rasanya lebih enak daripada yang terlihat dan mudah tumbuh. Di AS, Kanada, dan Australia, gherkin dan acar biasanya dimakan sebagai lauk atau sebagai pelengkap sandwich, hot dog, atau burger untuk menambah rasa. “ ini juga dapat dinikmati sebagai penutup jika direndam dalam sirup gula,” tulis NDTV.

Jika Anda tidak sempat atau tidak bisa membuat gherkin pickles sendiri di rumah, bahan ini sudah di pasaran dengan berbagai merek terkenal. Di beberapa situs jual beli online, gherkin pickles merek Khune 370 ml sekarang dilepas di kisaran harga Rp46 ribu sampai Rp68 ribuan per wadah. Sementara, merek Jawi Big Gherkins dijual dengan harga Rp38 ribuan untuk 500 gram, dan Clovis Gherkin Pickle 350 ml ditawarkan dengan harga Rp145 ribuan.

Loading...