Dijual di Apotek, Harga Folavit 1000 Mg Sekitar Rp 7 Ribuan

harga, folavit, 1000, mg, asam, folat, vitamin, hamil, dosis, mg, mcg, di, apotek, produk, perbedaan, susu, prenagen, esensis, asupan, wanita, dewasa, kebutuhan, pemberian, dokter, nutrisiKonsumsi suplemen untuk mendukung kondisi kehamilan (sumber: newscientist.com)

Jika Anda pergi ke , mungkin akan menemukan yaitu Folavit 1000 mg. Anda mungkin menemukan perbedaan produk, tetapi kisarannya sekitar Rp 7 ribuan hingga Rp 9 ribuan. Produk itu berisi 4 tablet dengan masing-masing terkandung 1000 mg .

Asam folat sering dikaitkan dengan kebutuhan wajib bagi . “Folavit memiliki kandungan aktif asam folat yang merupakan bagian dari vitamin B yang larut dalam air, sering juga disebut vitamin B9. Tubuh kita memerlukan asam folat untuk pembentukan sel-sel baru dalam tubuh,” dr. Anita.

“Secara khusus, asam folat sangat dibutuhkan oleh perempuan yang merencanakan , juga selama periode hamil dan menyusui. Asam folat dianggap terbukti dapat mencegah cacat bawaan otak dan tulang belakang. Pada orang dewasa, dosis anjuran harian adalah tidak melebihi 1000 mcg. Waktu terbaik untuk minum vitamin adalah setelah makan,” tambahnya.

Ada konsumen yang ingin Folavit dicampur dengan susu Prenagen Esensis. Apakah hal itu dibolehkan? Menurut dr. Anita, “Susu Prenagen Esensis memiliki kandungan zat yang berguna untuk membantu kesuburan dan memenuhi kebutuhan harian calon ibu. Beberapa zat yang terkandung di dalamnya adalah kalsium, vitamin E, asam folat, dan zat besi. Sebenarnya susu bisa diminum kapan saja. Namun, karena susu memiliki kandungan zat yang dapat menenangkan sehingga membantu proses tidur lebih cepat, maka disarankan untuk meminum susu di malam hari,”

“Selain itu, aktivitas di malam hari juga terbatas sehingga akan memungkinkan kalsium susu dapat terserap secara optimal. Mengingat bahwa kandungan asam folat pada folavit ternyata juga dimiliki oleh susu yang dikonsumsi, maka sebaiknya Anda harus lebih bijak dalam mengonsumsinya. Jika ternyata nilai kandungan asam folat dalam susu yang Anda konsumsi telah memenuhi kebutuhan harian, maka penambahan folavit sepertinya tidak diperlukan. Anda dapat mengetahuinya dengan melihat nilai kandungan gizi susu yang tertera di kotaknya,” jelasnya kembali.

Mengenai suplemen asam folat, Jika Anda mengonsumsi asam folat sebelum hamil, maka hal tersebut tidak ditujukan untuk meningkatkan kesuburan. Namun, pada yang menginginkan kehamilan, dokter akan menganjurkan untuk mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram setiap hari sejak 3 bulan sebelum kehamilan hingga kehamilan berusia 12 minggu.

Setelah hamil, dosis pemberian asam folat akan ditingkatkan menjadi 600-800 mikrogram per hari. Pemberian asam folat pada masa-masa tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya gangguan tabung saraf (Neural Tube Defect) pada bayi dalam kandungan. Bayi yang lahir dengan gangguan tabung saraf akan memperlihatkan gejala berupa anencephaly (kegagalan penutupan tengkorak kepala), hydranencephaly (kepala terisi cairan), spina bifida, dan lain-lain. Jika terdapat anggota keluarga dengan riwayat mengalami gangguan tabung saraf sebelumnya, maka dianjurkan untuk meningkatkan asupan asam folat hingga 10x lipat daripada kebutuhan wanita biasa, yaitu menjadi sekitar 4000 mikrogram (4 mg)/hari.

Loading...