Warna Unik & Kicauan Merdu, Harga Beli Lovebird Terbaru di Solo Paling Murah Mulai Rp 160 Ribuan

Lovebird - tipslovebird.blogspot.co.id

kicau memang sangat beragam. Pecinta kicau di pun tak terhitung jumlahnya. Salah satu burung kicau yang cukup digemari adalah lovebird. Burung hias satu ini cukup banyak ditemukan di Madagaskar. Berbeda dari burung-burung pada umumnya, lovebird dikenal lewat kicauannya yang indah dan bulunya yang unik layaknya pelangi. Tak heran apabila burung lovebird pun bisa mencapai jutaan per ekornya.

Jika benar-benar sudah terlatih, seekor burung lovebird kabarnya memiliki kemampuan suara ‘gacor’ hingga 3 menit tanpa jeda. Di samping itu, lovebird cukup populer karena dikenal sebagai burung yang mudah beradaptasi terhadap , termasuk iklim tropis di Indonesia. Ada beberapa hal yang kabarnya dapat mempengaruhi harga jual dari lovebird, misalnya saja tubuhnya serta suara kicauannya.

“Biasanya perbedaan harga jual ini dipengaruhi dari kicauannya, kicauan lovebird ini kami sebut ngekek. Pasalnya, kicauan yang keluar dari burung ini mirip seperti sedang tertawa. Bahkan, kalau burungnya sering jadi jawara harganya bisa capai Rp 2 M. Contohnya saja lovebird kusumo. Anda bisa search di Foogle bagaimana rupa si jawara ini,” kata salah seorang peternak burung lovebird, Arytato, seperti dilansir Tribunnews.

Lovebird pun jenisnya ada beragam, misalnya Pullaria atau yang lebih dikenal dengan nama Redfaced lovebird, Nigrigenis atau Black-cheeked lovebird (lovebird pipi hitam), dan masih banyak lagi. “Pada umumnya pakan lovebird adalah biji-bijian karena disesuaikan dengan bentuk paruhnya, namun bisa juga diberikan buah apel tetapi sebelumnya perlu dipastikan bahwa biji yang ada di dalam buah apel sudah dikeluarkan. Satu lagi, jangan diberikan buah alpukat,” papar Arytato.

Karena keunikan yang dimiliki, banyak orang yang mulai beternak dan mengembang-biakkan burung lovebird, misalnya saja di Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali, Sragen, Klaten, hingga di Palembang. Selain dijual di pasar burung, lovebird juga banyak dijual secara online di sejumlah situs e-commerce. Harga beli lovebird terbaru di Pasar Depok Solo paling murah berkisar mulai dari Rp 160 ribuan untuk jenis lovebird hijau kepala merah atau dakocan, sedangkan yang paling mahal harganya mencapai Rp 3,5 jutaan untuk jenis lovebird parblue anakan.

Loading...