Warna Masih Pudar? Ini Cara untuk Mencerahkan Warna Ikan Louhan

Ikan Louhan - redaksiindonesia.com

Meski namanya sudah tidak se-booming beberapa tahun lalu, keberadaan louhan sampai saat ini masih digemari oleh para pecinta . Bahkan ikan louhan di beberapa tempat pun masih saja dipatok cukup . Tak heran bila beberapa penghobi ikan louhan kerap menjadikan ikan unik berkepala ‘jenong’ ini sebagai salah satu . Semakin cerah warnanya dan semakin jenong kepalanya, maka harga ikan louhan pun akan semakin mahal. Oleh sebab itu para biasanya melakukan berbagai cara agar dapat mencerahkan ikan louhan.

Salah satu cara yang perlu diperhatikan agar ikan louhan berwarna cerah adalah dari pemberian yang berkualitas. Umumnya pakan alami seperti cacing sutera disebut-sebut sebagai pakan terbaik untuk ikan louhan. Pasalnya cacing sutera mengandung gizi yang tinggi dan dapat membantu mengeluarkan warna pada ikan louhan.

Beberapa penghobi biasanya juga menyarankan ikan louhan untuk diletakkan di tempat terang selama berada dalam masa pertumbuhan. “Pada dasarnya ada 2 pigmen yang berperan pada warna louhan, karoten dan melamin. Karoten berperan pada pemberian warna cerah (merah, kuning), sedangkan melamin berperan pada warna hitam yang biasanya dihindari. Meski diberi pakan, bila kondisi tempatnya tidak menunjang ya percuma,” kata Agus, salah satu pecinta ikan louhan, seperti dilansir dari sebuah forum penggemar ikan hias.

“Kondisi yang menunjang adalah tempat yang terang untuk karoten, sedang tempat gelap untuk melamin. Jadi mungkin sebaiknya selama masa pertumbuhan, louhan ditaruh di tempat yang relatif terang atau diberikan lampu fluorescent,” imbuh Agus.

Ada pula yang mengatakan bahwa zat spirulina juga dapat berperan untuk mencerahkan warna ikan louhan yang pudar, terutama ikan louhan yang memiliki base warna biru atau hijau. “Menurut saya spirulina itu memang benar sangat bermanfaat untuk mencerahkan ikan, soalnya saya alami sendiri. Sebelum memakai pelet yang ada spirulinanya, ikan saya terlihat pucat. Setelah 3 minggu pemakaian, ikan saya terlihat sangat cerah dengan merah yang hampir setengah badan,” kata yang lain.

Komposisi pakan untuk ikan louhan sendiri rupanya harus diperhitungkan secara cermat. Misalnya louhan kecil dan remaja yang panjangnya 2-15 cm perlu mengonsumsi pakan dengan kadar 45-60%, 5-7% lemak, , dan mineral. Sedangkan louhan dewasa sepanjang 10-15 cm sebaiknya diberi pakan sebanyak 0,5 gram per ekor dengan frekuensi 3-4 kali sehari.

Loading...