Tunggu Otoritas Negara, Liga Jerman Siap Dimulai Kembali 9 Mei

Sepak Bola Liga Jerman - www.hollywoodreporter.comSepak Bola Liga Jerman - www.hollywoodreporter.com

BERLIN – Pandemi virus tidak cuma menghantam sektor bisnis dan , melainkan juga kompetisi , termasuk . Hampir semua liga di seluruh dunia dihentikan akibat wabah ini. Namun, menurut kabar terbaru, kompetisi di Jerman, Bundesliga, siap dimulai kembali pada awal bulan Mei 2020 mendatang, tergantung lampu hijau dari otoritas .

Dilansir dari Deutsche Welle, menurut Presiden German Football League (DFL), Christian Seifert, pihaknya sudah membuat proposal tentang kapan akan memulai kembali kompetisi 2019-2020 yang sempat terhenti. Proposal akan diajukan ketika Kanselir Jerman, Angela Merkel, membahas langkah-langkah negara untuk mengatasi pandemi coronavirus dengan para pemimpin semua negara bagian pada 30 April di Berlin.

“Sudah ada pernyataan dan banyak spekulasi kapan itu akan terjadi. Namun, penting bagi kami untuk tetap bertanggung jawab secara politis. Karena itu, tidak terserah kami untuk memutuskan tanggal mulai. Namun, ketika hari X datang, kami akan siap ,” ujar Seifert dalam konferensi pers pada hari Kamis (23/4) waktu setempat. “Kami belum menetapkan tanggal karena kami tidak bisa. Jika kami melakukannya, kami akan lancang.”

Ia menambahkan, keputusan memulai kembali kompetisi sekarang bukan berada di tangan mereka. Meski demikian, pihaknya sudah memiliki beberapa alternatif pilihan jadwal. Akhir pekan pertama di bulan Mei bukan pilihan yang realistis. Namun, jika sinyal datang pada minggu depan, kompetisi bisa dimulai lagi pada 9 Mei 2020. “Apa yang kami miliki adalah kemampuan untuk memberi mereka yang bertugas membuat keputusan dengan bukti bahwa kami siap,“ tambah Seifert.

Kompetisi sepak bola Jerman ditangguhkan pada 13 Maret karena liga berusaha memainkan peran mereka dalam meratakan kurva penyebaran virus corona. Baru-baru ini, politisi negara mendiskusikan kemungkinan dibuka tanpa penonton. Namun, Seifert mengakui bahwa pertandingan tanpa penggemar bukanlah yang mereka inginkan. Meski demikian, ia menegaskan kembali bahwa DFL akan menerapkan protokol ketat jika mereka diberi lampu hijau.

Menurut penjelasan Seifert, di Bundesliga, nantinya hanya 98 orang yang diperbolehkan di area interior stadion dan 115 lainnya di area tribun, atau maksimal 213 orang di stadion. Sementara, hanya maksimal 109 orang mungkin hadir di area luar. Pemain akan menjalani tes reguler oleh seorang pejabat kesehatan yang ditunjuk. Namun, tes positif tidak akan secara otomatis mengakibatkan seluruh tim dikarantina.

DFL memperkirakan akan dibutuhkan 22.000 uji virus corona untuk sisa musim ini. Dalam konferensi bersama wartawan, Seifert mengutip perkiraan kapasitas uji Jerman 818.00 per minggu dari Robert Koch Institute, otoritas kesehatan negara itu, sebelum menggarisbawahi bahwa sepakbola Jerman ‘tidak akan menggunakan bahkan 0,4% dari itu’.

Dengan musim 2019-20 yang ditangguhkan, laporan media baru-baru ini menyatakan bahwa hingga 13 dari 36 klub di dua divisi teratas Liga Jerman menghadapi apa yang Seifert sebut sebagai ‘ancaman eksistensial’. Namun, ia mampu meredakan ketakutan itu ketika mengumumkan kesepakatan dengan hampir semua mitra media untuk mengamankan sisa dana TV, kesepakatan bergantung pada musim yang sedang diselesaikan. “Perjanjian tersebut memungkinkan likuiditas klub hingga 30 Juni,” katanya.

“Jika kampanye itu berakhir sebelum waktunya, Bundesliga akan menjadi kerusakan tambahan akibat krisis coronavirus,” sambung Seifert. “Sebagai perwakilan dari klub, saya tidak bisa memiliki itu sebagai tujuan. Kami tidak memikirkan kapan musim baru akan dimulai atau seperti apa kelihatannya. Kami hanya berurusan dengan menyelesaikan musim. Jika terserah kami, kami ingin selesai pada 30 Juni.”

Seifert juga mengumumkan bahwa DFL akan menggunakan 8,1 juta AS dari dana solidaritas untuk mendukung divisi tiga Liga Jerman dan Bundesliga Wanita, dua liga yang lebih bergantung pada penjualan . Dana tersebut dimulai pada bulan Maret dengan sumbangan 20 juta euro dari perwakilan kontestan Liga Champions Eropa, yakni Bayern Munich, Borussia Dortmund, RB Leipzig, dan Bayer Leverkusen.

Loading...