Usung Pendidikan Islami, Ini Biaya Masuk Tazkia IIBS Malang

Tazkia IIBS Malang - aaa-studio.blogspot.co.idTazkia IIBS Malang - aaa-studio.blogspot.co.id

Tazkia Islamic Boarding School (IIBS) merupakan salah satu Islami berbasis internasional yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Tazkia IIBS Malang memulai jenjang SMP pada tahun ajaran 2014-2015 di bawah naungan Tazkia Islamic Foundation. Kemudian setelah meluluskan SMP angkatan pertama, SMA Tazkia IIBS baru mulai dibuka pada tahun ajaran 2017-2018. Sayangnya saat ini pendaftaran siswa baru di Tazkia IIBS Malang sudah ditutup. Berdasarkan informasi tahun lalu, masuk Tazkia Malang ditarik sekitar Rp 650.000 per siswa.

Meski tergolong baru, yang dimiliki Tazkia IIBS Malang cukup lengkap. Hingga kini Tazkia sudah mempunyai 2 bangunan terpisah untuk santi putra dan putri. Kedua gedung tersebut dilengkapi penunjang seperti ruang mengajar, asrama santri, perpustakaan, masjid, Tazkia Medical Clinic (TMC), area , pendopo dan gazebo, kantin, Quranic Garden, hingga tempat parkir.

SMP Tazkia IIBS Malang sendiri saat ini sudah mengantongi akreditasi ISO 9001 : 2008 dengan Nomor Registrasi Sertifikat: 2017-1-0259. Salah satu hal yang menjadikan sekolah ini unik adalah sederet program yang digagas, misalnya program Cinta Baitullah atau program bersih masjid.

Sekitar 10 masjid di sekitar Kecamatan Dau, Kabupaten Malang kabarnya telah dibersihkan oleh seluruh santri Tazkia IIBS. “Dengan melibatkan santri VII, VIII dan IX, Tazkia IIBS ingin memberikan pembelajaran secara nyata bagaimana cara memuliakan masjid. Ini merupakan salah satu cara untuk memupuk kepekaan santri dalam memuliakan masjid,” kata Ketua Pelaksana Program, Ustadz Nur Kholik, seperti dilansir Republika.

Ustaz Nur Kholik menjelaskan bahwa program ini dilaksanakan secara rutin tiap semester. Sebelum melakukan kegiatan tersebut, para santri akan diberikan pemahaman terlebih dahulu terkait dasar Islam dalam memuliakan masjid. “Sebelumnya kami berikan pemahaman dengan hadis-hadis Rasul mengapa kemudian Rasulullah memerintahkan umatnya untuk memuliakan Masjid,” jelasnya.

Tak cukup sampai di situ, para santri juga dibiasakan untuk membersihkan tempat ibadah yang ada di dalam pondok sendiri. Para guru Tazkia IIBS pun turut terlibat dalam program cahaya 1.000 masjid, salah satunya dengan menyumbangkan sebagian harta untuk pembayaran listrik di sejumlah masjid.

Loading...