Upgrade Jaringan Batal, Harga Bitcoin Turun Lebih dari $ 1.000

bitcoin

sebesar 7,9% pada Jumat (10/11) sore ke angka 6.618 atau sekitar Rp 89,6 jutaan jika dirupiahkan. Angka tersebut sekaligus menunjukkan penurunan lebih dari 1.000 dari rekor tertinggi bitcoin yang hampir mencapai 7.900 per 1 BTC pada Rabu (8/11) lalu setelah kabar terkait rencana upgrade telah dibatalkan.

Hari ini, Sabtu (11/11) bitcoin beranjak bangkit 2,94% ke posisi USD 6.763,19 setelah dibuka pada level USD 6.570,31. Sepanjang hari ini bitcoin telah bergerak pada rentang angka USD 6.557,46 hingga USD 6.827,72 dengan pangsa mencapai USD 113 miliar, berdasarkan dari CoinDesk Bitcoin Price Index (BPI).

Bagaimanapun, penurunan Bitcoin rupanya menjadi momentum bagi Bitcoin Cash untuk meraih keuntungan. Mata uang hasil penskalaan Bitcoin ini mencapai rekor tertinggi di angka USD 1.009 pada Jumat (10/11) sore kemarin dan diperdagangkan lebih dari 50%. Para analis berpendapat bahwa anjloknya bitcoin dan kenaikan harga bitcoin cash berhubungan dengan rencana upgrade jaringan yang telah dibatalkan.

Seperti diketahui, pada Rabu (8/11) lalu, pihak pengembang, yakni Segwit2X telah mencabut dukungannya, yang berarti jaringan bitcoin untuk sementara ini akan tetap utuh. Segwit2X dirancang untuk meningkatkan ukuran blok yang mendasari jaringan blokir bitcoin agar bisa memproses lebih banyak transaksi dengan lebih cepat. ini diharapkan dapat membantu skala mata uang digital bitcoin menjadi lebih cepat.

Sebuah fork pada jaringan akan menyebabkan koin yang dimiliki oleh beberapa menjadi berlipat ganda, seperti halnya ketika bitcoin cash memisahkan diri dari jaringan bitcoin yang asli. Tor Bair, kepala pengembangan platform investasi cryptocurrency, Enigma mengatakan bahwa mungkin telah meningkatkan kepemilikan bitcoin mereka dengan harapan memperoleh lebih banyak koin tiruan.

“Beberapa mungkin telah mencoba ‘permainan dividen’ di Segwit2X fork dan membeli bitcoin untuk mengantisipasi,” ujar Bair seperti dilansir Business Insider. “Dengan dibatalkannya fork, para spekulan sekarang mulai mengurangi posisi mereka,” tandasnya.

Sementara itu, Abhishek Pitti, CEO Nucleus Vision berpendapat bahwa pendukung Segwit2X mungkin sedang beralih dari bitcoin ke bitcoin cash. “Bila Anda melihat trennya, sepertinya banyak pendukung Segwit2X telah beralih ke bitcoin cash. Mata uang cabang ini telah mengalami kenaikan 35% dalam hitungan hari,” ucap Pitti.

Loading...