Unilever Bakal Perluas Bisnis di Asia untuk Kelas Menengah ke Bawah

Unilever

Produsen consumer goods, Unilever berencana untuk memperluas cakupan bisnisnya di Asia dengan mengunggulkan strategi pemasaran yang disesuaikan untuk pembeli kelas menengah dan kelas menengah ke bawah di sejumlah negara berkembang. Pasalnya, kawasan Asia dan Afrika telah berhasil menyumbang sekitar 31% dari Unilever secara global pada tahun 2007 silam. Tahun 2016 saham tersebut tumbuh menjadi 43%.

Porsi kecil seperti detergen dan bumbu telah menjadi barang-barang yang cukup di kalangan konsumen kelas bawah. Pihak telah melakukan penetrasi ke sejumlah negara seperti Myanmar, India, hingga Indonesia.

Di Unilever Indonesia, di mana perusahaan memegang sekitar 85% saham mencatat tingkat pengembalian ekuitas sebesar 134% pada tahun 2016 dan membayar 99,9% dari pendapatannya pada pemegang saham dalam bentuk dividen. Sementara itu Hindustan Unilever yang 51% sahamnya dimiliki perusahaan induk, membayar lebih dari 80% dari pendapatannya.

Perusahaan induk menginvestasikan kembali uang yang diperoleh oleh unit lokal ini dalam kegiatan produksi dan pengembangan di Asia. “Asia menawarkan pertumbuhan yang pesat dan tingkat pengembalian yang tinggi, dan Unilever bermaksud untuk berinvestasi di sana secara terus menerus,” kata Pier Luigi Sigismondi, presiden operasi Asia Tenggara dan Australasia, seperti dilansir Nikkei.

Hingga kini lini pada Divisi Home and Personal Care (HPC) menjadi penyumbang terbesar penjualan emiten sektor barang konsumsi di PT Unilever Indonesia (UNVR). Selain HPC, pendapatan UNVR juga berasal dari divisi Food and Refreshment (FR).

“Fokus UNVR pada Divisi HPC terlihat dari peningkatan produksi, baik dengan cara mengeluarkan merek baru maupun meluncurkan ulang merek produk. Hasilnya, produksi HPC melonjak 57% secara year to date (ytd) per Mei 2017. Di periode yang sama 2016, hanya naik 47%,” ujar Andrian Joezer, Analis Mandiri Sekuritas.

Lebih lanjut Andrian berpendapat bahwa langkah UNVR untuk meningkatkan bisnis HPC masih sesuai dengan ekspektasi. Peluncuran produk baru yang dianggap mampu membantu kinerja UNVR di masa mendatang adalah TRESemme dan Citra. Untuk diversifikasi produk kosmetik, UNVR dalam waktu dekat ini juga akan merilis produk kosmetik di bawah merek Lakme.

Loading...