Uji Sisa Pembakaran BBM Kendaraan, Berapa Harga Pengukur Emisi Gas Buang?

Pengukur Emisi Gas Buang - beritadaerah.co.id

Untuk mengendalikan gas buang yang dihasilkan dari pembakaran yang bisa berdampak negatif terhadap , saat ini marak dilakukan uji emisi gas buang. Uji emisi ini menggunakan sebuah pengukur yang harganya bisa mencapai Rp35 jutaan, namun dilakukan hanya dalam waktu yang tidak lebih dari satu menit.

Beberapa waktu lalu, Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat menggelar uji emisi gas buang secara untuk kendaraan pribadi di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat. Uji emisi gas buang tersebut dilakukan dalam waktu tidak lebih dari satu menit sejak kendaraan diberhentikan. Ketika diuji knalpot gas buangnya, kemudian akan keluar hydrocarbon dan kadar CO-nya.

“Ini merupakan rangkaian evaluasi udara perkotaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk mengetahui kualitas udara di DKI Jakarta, khususnya Jakarta Pusat,” jelas Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Evi Sulistyowati. “Kendaraan seperti menyumbang 70 persen kualitas udara perkotaan, jadi mesti kita atur (emis gas buang).”

Emisi gas buang sendiri merupakan sisa dari hasil pembakaran bakar dalam ruang pembakaran mesin yang dikeluarkan melalui pembuangan mesin. Sisa dari hasil pembakaran tersebut berupa air (H2O), gas karbon monoksida atau biasa disebut gas CO yang merupakan gas beracun, karbondioksida atau biasa disebut gas CO2 atau gas rumah kaca, senyawa nitrogen oksida atau NOX, dan senyawa hidrat arang ( hidrokarbon ) atau HC yang dihasilkan dari partikel lepas karena proses pembakaran yang tidak sempurna.

Saat ini, sudah banyak alat pengukur emisi gas buang yang ditawarkan di pasaran. Gas analyzer QROTECH QRP 402 misalnya, dijual dengan harga Rp36.500.000 dan mampu mengukur kadar CO, HC, CO2, O2, dan NOX. Sementara, alat pengukur emisi gas buang merek Nanhua dipasarkan dengan harga mulai Rp35 jutaan dan khusus untuk kendaraan bermotor diesel dengan bahan bakar solar.

Loading...