Uang Rupiah Baru Sempat ‘Ditolak’ di Singapore, Berapa Harga 1 Dolar Singapura Saat Ini?

Uang Baru Rupiah - www.tribunnews.comUang Baru Rupiah - www.tribunnews.com

Sebelumnya sempat beredar isu mengejutkan bahwa warga negara (WNI) yang sedang berada di luar negeri kesulitan untuk menukarkan uang rupiah tahun emisi 2016 di luar negeri. Berdasarkan informasi yang tersebar di grup WhatsApp, uang rupiah baru sulit ditukarkan di negara-negara seperti Singapura, Hong Kong, dan Arab Saudi. Alhasil sebagian masyarakat kesulitan untuk mencairkan rupiah ke dalam mata uang Singapura, Hong Kong, dan riyal.

Mengetahui hal tersebut, pihak Indonesia (BI) berusaha mengklarifikasi bahwa kesulitan penukaran rupiah tahun emisi 2016 disebabkan karena ketersediaan uang di tempat penukaran (money changer) yang ada di luar negeri. BI, Agus Martowardojo mengungkapkan bahwa uang rupiah tahun emisi 2016 adalah alat resmi dan sah Indonesia yang sesuai dengan Undang-Undang Mata Uang dan Undang-Undang Indonesia.

“Kalau di luar negeri ada ‘money changer’ yang mau tukar mata uang tertentu, kita serahkan ke money changer itu. Karena di setiap negara, mata uang tertentu diterima, di money changer di tempat lain tidak jadi komoditas,” kata Agus, seperti dilansir Republika.

Lebih lanjut Agus menegaskan bahwa uang rupiah bukanlah mata uang global yang mengalami internasionalisasi seperti dolar atau Yuan . Meski demikian, bukan berarti uang rupiah tahun emisi 2016 tak diakui dunia sebagai uang Indonesia.

“Jadi kita ingin mengatakan bahwa tidak benar di negara lain, rupiah tidak dikenal. Kalau di negara lain mereka tidak terima rupiah ya itu kebijakan negara itu, tetapi Indonesia punyai rupiah kalau seandainya mau belanja pakai rupiah akan diterima dengan baik,” tegasnya.

Sebagai informasi, dibandingkan dengan (USD), 1 dolar Singapura (SGD) memang relatif lebih murah. Sebagai , di Bank Central Asia (BCA) per tanggal 9 Agustus 2017 untuk kurs beli atau jika seseorang ingin menukarkan mata uang asing dengan rupiah berada di angka Rp 9.761,25, kurs beli di Bank Mandiri Rp 9.597,00, di BNI Rp 9.635,00, dan kurs beli dolar Singapore di BRI per hari ini sebesar Rp 9.681,72.

Loading...