Trump Tunda Tarif, Rupiah Perkasa di Akhir Rabu

Rupiah - www.aktual.comRupiah - www.aktual.com

JAKARTA – mampu mempertahankan posisi di area hijau pada Rabu (14/8) sore, ketika pemerintahan Presiden Donald Trump menunda untuk mengenakan tarif terhadap asal . Menurut catatan Bloomberg Index pada pukul 15.59 WIB, mata yang Garuda berakhir menguat 80 poin atau 0,56% ke level Rp14.245 per dolar AS.

Sementara itu, siang tadi menetapkan kurs tengah berada di posisi Rp14.234 per dolar AS, menguat 49 poin atau 0,34% dari perdagangan sebelumnya di level Rp14.283 per dolar AS. Di saat yang hampir bersamaan, mayoritas mata uang mengungguli greenback, dengan kenaikan tertinggi sebesar 0,75% menghampiri won Korea Selatan.

Rupiah dan mata uang Asia kompak naik pada hari ini menyusul kebijakan pemerintah AS yang menunda pengenaan tarif impor baru pada produk asal China. Selasa (13/8) waktu setempat, Kantor Perwakilan Dagang AS mengatakan bahwa pemerintahan Presiden Donald Trump akan menunda tarif sebesar 10% untuk barang-barang tertentu asal China, termasuk laptop dan ponsel, yang sedianya akan diberlakukan pada 1 September mendatang.

Keputusan itu diumumkan hanya beberapa menit setelah Kementerian Perdagangan China menyatakan bahwa Wakil Perdana Menteri Liu He telah berkomunikasi dengan para pejabat perdagangan AS. Liu beserta Kepala Perwakilan Perdagangan AS, Robert Lighthizer, dan Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin, setuju untuk berbicara lagi melalui dalam dua pekan ke depan, menurut kementerian itu.

“Mata uang bereaksi terhadap keputusan AS untuk menunda tarif, tetapi ini mungkin hanya akan memberi dampak jangka pendek karena tidak akan mengubah sentimen bearish dari fundamental makro di kawasan itu,” ujar ekonom senior Sumitomo Mitsui DS Asset Management, Tetsuji Sano, dilansir Bloomberg. “ mengerti bahwa Trump mengubah kebijakannya untuk kepentingan sendiri dan mereka tidak mengharapkan AS akan berkompromi terlebih dahulu untuk meraih kesepakatan dalam waktu dekat.”

Keputusan pemerintah AS ini lantas membuat pergerakan indeks dolar AS lebih loyo pada hari Rabu. Mata uang Paman Sam terpantau melemah tipis 0,012 poin atau 0,01% ke level 97,800 pada pukul 13.36 WIB. Sebelumnya, greenback mampu berakhir di area hijau dengan menguat 0,432 poin atau 0,44% di posisi 97,812.

Loading...