Transaksi Sepi Paska Lebaran, Rupiah Hinggapi Level 13.420

dolar-rupiah akhirnya tersangkut di level Rp 13.420 per AS pada sesi penutupan sore ini (23/7). Dibandingkan dengan posisi penutupan kemarin yang menetap di level Rp 13.370 per Dolarnya, Rupiah kali ini merosot sejauh 50 basis poin. Pergerakan Rupiah sepanjang bahkan sempat menyentuh level Rp 13.432 per Dolar Serikat.

Rully Nova, Analis Pasar Uang dari Himpunan Bank Saudara, turut mengomentari hal terkait pelemahan Rupiah. Menurut Rully, minimnya transaksi di pasar valuta asing (valas) sebagai efek lanjutan dari periode libur Lebaran menjadi faktor utama pelemahan Rupiah. “Seminggu ini transaksi sepi, likuiditas di pasar ketat. Sepi karena suasana libur, terutama pelaku pasar lokal belum banyak yang aktif. Mereka (pelaku pasar) mungkin baru akan aktif Senin depan (27/7),” ujar Rully pada awak media.

Faktor-faktor domestik juga turut berkontribusi terhadap pelemahan Rupiah, karena masih bersikap wait and see terkait rilisan data pertumbuhan dan inflasi yang akan segera diluncurkan. Artinya, data tersebut bisa jadi akan memperkuat posisi Rupiah atau malah berbalik melemahkan Rupiah, tergantung hasilnya. “Kalau data yang keluar bagus, ya mendorong penguatan Rupiah. Investor menunggu data-data (dan) inflasi (yang akan dirilis) akhir Juli nanti. (Sedangkan untuk data) pertumbuhan (akan dirilis) kuartal dua () di pertengahan Agustus,” lanjut Rully.

Loading...