Tingkatkan Produksi Ternak, Berapa Harga EM4 Peternakan di Pasaran?

EM4 Peternakan - www.bukalapak.com

Ada banyak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hasil ternak, salah satunya mencampurkan produk EM4 Peternakan pada pakan ternak. Pasalnya, produk buatan PT Songgolangit Persada yang dengan mulai Rp23.000 untuk kemasan botol satu liter tersebut, dikatakan mampu menyeimbangkan mikroorganisme yang menguntungkan dalam perut ternak dan memperbaiki ternak.

“EM4 adalah biakan bakteri yang biasanya digunakan sebagai activator kompos,” jelas Hafidha Ade Lutfiana, salah seorang Universitas Tidar. “Kandungan yang terdapat di dalam EM4 Peternakan ini di antaranya bakteri fotosintetik, lactobacillus sp, streptomycetes sp, ragi (yeast), dan actinomycetes yang membantu fermentasi pakan ternak.”

Hafidha sendiri, bersama dua rekannya, berhasil mengolah limbah ampas tahu, batang pohon pisang, dan sisa sayuran menjadi pakan fermentasi. Pakan ini sudah terbukti mampu menaikkan berat badan kelinci dari semula 1 kilogram menjadi 3-5 kilogram dalam waktu dua bulan. “Batang pisang dan sayuran dipotong 3 cm, lalu dicampur dengan ampas tahu yang sudah diperas, kemudian ditambahkan EM4 dan molase,” jelas Hafidha.

Selain untuk kelinci, EM4 Peternakan ini juga disebutkan bisa diaplikasikan untuk ternak sapi, kambing, domba, ayam, bebek, burung, dan lain-lain. Di samping mampu menyeimbangkan mikroorganisme yang menguntungkan dalam perut ternak dan memperbaiki kesehatan ternak, bahan ini juga dapat menurunkan kadar gas amoniak dalam kotoran ternak, mencegah bau tidak sedap pada kandang ternak, serta mengurangi lalat dan serangga ternak.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengaplikasikan EM4 pada ternak. Untuk air minum ternak, larutkan bahan ini ke dalam 1 liter air, lalu dicampurkan ke dalam air minum ternak dan dapat diberikan setiap hari. Sementara, untuk pakan ternak, larutkan EM4 ke dalam 1 liter air, lalu larutan ini disemprotkan ke dalam pakan ternak sebelum diberikan ke binatang peliharaan.

Loading...