Tingkatkan Layanan Jepara-Karimunjawa, Tarif KMP Siginjai Naik

KMP Siginjai - www.journeyofindonesia.com

JEPARA – Pada tahun ini, Kapal Penumpang (KMP) Siginjai berencana meningkatkan untuk Jepara menuju Karimunjawa dari yang semula dua kali dalam sehari, menjadi tiga kali dalam sehari. Untuk mendukung hal tersebut, pengelola KMP Siginjai pun menaikkan kapal ini sebesar 32 persen per pertengahan April 2017 lalu, selain karena berkurangnya dari .

Tarif baru KMP Siginjai lintas penyeberangan Jepara-Karimunjawa tersebut sudah tertuang dalam Bupati Nomor 13 tahun 2017 tertanggal 23 Maret 2017. Jika sebelumnya tarif tiket penumpang dewasa untuk kelas sebesar Rp60 ribu per orang, kini naik menjadi Rp72 ribu per orang. Sementara, kendaraan golongan I dan II, masing-masing naik menjadi Rp27 ribu dan Rp65 ribu.

“Usulan kenaikan tarif tiket KMP Siginjai lantaran subsidi operasional dari pemerintah untuk kapal ini pada tahun 2017 berkurang hingga Rp1 miliar,” ujar Manajer PT ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) Jepara, Yudhi Yanuar. “Karena pentingnya KMP Siginjai bagi moda Jepara-Karimunjawa, maka usulan kenaikan tarif tiket yang dipilih.”

Yudhi menambahkan bahwa tarif baru untuk KMP Siginjai tersebut belum termasuk ketika masuk pelabuhan sebesar Rp2.000 dan jasa asuransi sebesar Rp2.000. Meski ada kenaikan tarif, namun pihaknya menjanjikan adanya peningkatan pelayanan. “Salah satunya, waktu tempuh Jepara ke Karimunjawa bakal dipercepat dari semula 5 hingga 5,5 jam, menjadi 4 jam,” sambung Yudhi.

KMP Siginjai dapat menampung 260 orang dan 19 unit kendaraan bermotor. Tidak hanya sebagai akses transportasi, KMP Siginjai juga memiliki peran vital terhadap pembangunan daerah di Karimunjawa karena satu-satunya moda transportasi yang diandalkan sebagai angkutan penumpang dan logistik di wilayah tersebut. Selain penumpang, material yang biasa menjadi muatan kapal ini adalah sayur-mayur, sembako, hingga material bangunan.

Kepulauan Karimunjawa memiliki 27 pulau, sebanyak 22 masuk dalam kawasan Taman Nasional, dengan lima pulau yang berpenghuni ialah Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, Parang, dan Genting. Pada tahun 2015, jumlah penduduk di kepulauan ini tercatat sebanyak 9.242 jiwa. Bersama Borobudur, Sangiran, dan Dieng, Kepulauan Karimunjawa dijadikan destinasi prioritas Jawa Tengah oleh Kementerian Pariwisata.

Loading...