Tiket Masuk Murah, Yuk Coba Sensasi Via Ferrata di Gunung Parang!

Via Ferrata di Gunung Parang - www.yukpiknik.com

Purwakarta rupanya bukan hanya menjadi daerah industri, namun juga memiliki potensi yang menarik. Bagi yang berjiwa petualang dan menyukai tantangan bisa mencoba untuk pelesir sekaligus panjat tebing di Parang. menuju Parang bisa ditempuh melalui pendakian Taraje di sisi selatan menuju Puncak Parang Tower Satu. masuk jika melalui jalur tersebut cukup , hanya Rp 10 ribu saja per orang.

“Tiket masuknya terjangkau. Setiap orang dikenakan 10 ribu. Itu belum termasuk pemandu wisata,” ujar Ketua Pengelola Badega Gunung Parang, Wawan Lukman Hidayat, di Purwakarta, Jawa Barat, seperti dilansir Kompas.

Jika memerlukan bantuan guide alias pemandu untuk sampai puncak, maka pengunjung akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp 50.000 untuk diantar sampai ke pos pendakian Puncak Batu Cangkuang. “Kalau (ditemani) sampai puncak Tower Satu itu 100 ribu. Itu untuk harga satu orang pemandu,” bebernya.

Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan saat berada di Gunung Parang tentu saja aktivitas via ferrata. Via ferrata adalah teknik memanjat dengan mendaki tangga besi yang terpasang di dinding tebing. Kegiatan ekstrem ini beberapa waktu belakangan memang sedang hingga ke mancanegara. Hingga kini Gunung Parang disebut-sebut sebagai satu-satunya tempat via ferrata di Indonesia.

Meski tergolong kegiatan ekstrem, via ferrata ternyata tak hanya dapat dilakukan oleh kalangan profesional saja, tetapi bagi pengunjung yang tergolong pemula pun bisa mencoba via ferrata dari Desa Cihuni atau Desa Cirangkong, Desa Pesanggrahan, Kabupaten Purwakarta. Ada beberapa ketinggian yang ditawarkan, yakni 100 meter, 300 meter, 500 meter, 700 meter, dan yang paling tinggi 900 meter.

Harga via ferrata di sana pun relatif murah, untuk ketinggian 100 meter hanya dikenai tarif sekitar Rp 65 ribuan per orang, sedangkan yang paling tinggi, yakni 900 meter biayanya Rp 625 ribuan. “Untuk ketinggian 300 meter harganya Rp 225.000 per orang. Ketinggian 500 dan 700 meter harganya Rp 465.000 per orang,” ungkap penggagas Badega Gunung Parang, Dhani Daelami.

Agar dapat mencoba via ferrata di Gunung Parang rupanya tak ada syarat , pengunjung cukup mengisi biodata dan formulir kesanggupan sebelum naik ke atas gunung. Harga yang dibayarkan sudah termasuk peralatan dan pemandu untuk sampai ke puncak. Tiap pengunjung akan dipasangi pengaman seperti harness, karabiner, helm, dan tali panjat.

Loading...