Tiket Masuk Murah, Puncak B29 Lumajang Suguhkan Pemandangan ‘Negeri Di Atas Awan’

Puncak B29 - b29argosari.blogspot.co.id

Sebagian besar masih senang memilih alam untuk mengisi libur panjang atau libur akhir pekan mereka karena yang dikeluarkan biasanya tak terlalu mahal. Salah satu tempat yang tak boleh dilewatkan adalah Puncak B29 di Lumajang. pegunungan ini masih termasuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Dengan masuk hanya seharga Rp 5.000 saja per orang, Puncak B29 menawarkan pemandangan menakjubkan layaknya negeri di atas awan.

Puncak B29 terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Saat berada di Puncak B29, pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Bromo, Batok, Lemongan, Raung, Semeru, dan Argopuro. Bukit yang berada di ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut ini menawarkan pemandangan pegunungan yang diselimuti awan tebal. Tak heran jika kerap menjulukinya ‘negeri di atas awan’.

menuju Puncak B29 bisa ditempuh melalui beberapa . Jika dari Surabaya, pengunjung bisa berkendara ke arah Bromo dari Surabaya – Sidoarjo – Bangil – Pasuruan – Probolingo – Cemara Lawang – Bromo. Apabila berangkat dari Malang, pengunjung bisa melewati Tumpang (searah dengan Ranu Kumbolo, Gunung Semeru). Namun kabarnya rute jalan via Tumpang cukup ekstrem dan hanya disarankan menggunakan kendaraan yang berada dalam kondisi prima. Selain lewat Tumpang, bisa juga lewat Pasuruan-Probolinggo seperti jika berangkat dari Surabaya.

Puncak B29 sendiri disebut-sebut mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan dari tahun 2013 lalu. Kala itu pula Puncak B29 mulai dikembangkan untuk wisata hingga namanya menggema sampai tahun 2017 ini. “Dulu populernya Puncak Songolikur (sebutan angka 29 dalam bahasa Jawa). Tapi saya ganti saja jadi B29,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Budiyanto, seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Budiyanto menjelaskan bahwa Puncak B29 adalah tempat ritual dan penghormatan terhadap leluhur. Konon katanya, sampai saat ini di Puncak B29 masih terdapat tugu pemujaan Joko Niti yang merupakan putra dari Roro Anteng dan Joko Seger. “Sampai sekarang dipercaya, mengucap setulus hati bisa terkabul di Puncak B29. Seorang yang mengutug (memohon) misal tak dari dalam hati, maka tak akan terkabul,” tandas Budiyanto.

Loading...