Tiket Masuk Murah, Pantai Karangsong Punya Pemandangan Hutan Mangrove Eksotis

Pantai Karangsong Indramayu - www.jejakpiknik.com

Indramayu ternyata bukan hanya terkenal lewat buah mangganya saja yang nikmat. satu ini ternyata juga memiliki potensi menarik berupa hutan mangrove eksotis bernama Karangsong. Karangsong terletak di sebelah utara Indramayu, tepatnya berada di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Indramayu. Pantai satu ini dikenal sebagai pantainya nelayan, mulai dari tempat pembuatan kapal, mencari ikan, hingga pelelangan ikan. Untuk masuk ke Pantai Karangsong juga dikenai dengan yang cukup terjangkau.

Harga tiket masuk kawasan Pantai Karangsong untuk sepeda motor Rp 5.000, sedangkan untuk mobil tarifnya Rp 10.000. Terdapat 2 cara untuk menikmati wisata hutan bakau di Pantai Karangsong, yang pertama adalah dengan berjalan kaki melewati jembatan kayu. Cara tersebut lebih murah karena tak akan dikenai tambahan, akan tetapi pengunjung akan melewatkan kesempatan untuk mengelilingi seluruh kawasan hutan bakau.

Cara kedua dengan menyewa perahu nelayan dan berkeliling hutan sambil naik perahu. Untuk naik perahu motor tersebut pengunjung dikenai biaya Rp 15.000, sudah termasuk dengan antar jemput ketika berada di ekowisata. “Hari libur tiketnya juga enggak naik dan anak di bawah 10 tahun nggak bayar sama sekali,” ujar Eka Tarika, pengelola Ekowisata Karangsong, seperti dilansir Solopos.

Selain menawarkan pemandangan berupa hutan mangrove, di kawasan ekowisata seluas 15 hektare ini pengunjung juga dapat melihat hewan-hewan yang habitat aslinya memang ada di kawasan mangrove. “Ini kawasan wisata buatan. Awalnya hanya untuk mencegah abrasi, tapi ternyata bisa menjadi daya tarik wisatawan,” beber Tarika.

Meski tergolong baru dibuka sebagai kawasan wisata sejak tahun 2015 lalu dan dikelola secara swadaya oleh kelompok masyarakat, sambutan wisatawan terhadap Pantai Karangsong ternyata cukup antusias. Dalam sebulan kabarnya ada lebih dari 5.000 pengunjung yang datang ke sana. Bahkan di akhir pekan pengunjung Karangsong mayoritas berasal dari luar kota. “Pemasukan dari pengunjung, selain untuk pemeliharaan, juga untuk pengembangan. Kita terus melakukan pendekatan ke desa tetangga untuk mengembangkan wisata mangrove,” tandas Tarika.

Ketika berada di Pantai Karangsong, jangan lupa untuk mencicipi khas di sana seperti ikan bakar dengan citarasa manis dan gurih, kerang hijau, hingga tahu gejrot. Jangan khawatir, sebab harga yang disediakan di kawasan Pantai Karangsong juga relatif terjangkau.

Loading...