Tidak Harus Menggunakan Tools Hacking, Ini Cara Membobol Jaringan Internet Menjadi Super Cepat

Membobol Jaringan Internet

Kini, sudah seperti kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. sudah banyak digunakan untuk keperluan bisnis, pendidikan, hiburan, dan lainnya. Tidak heran jika Anda mudah atau pernah merasa sebal apabila internet Anda tidak lancar/kurang cepat.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa orang yang memberitahukan cara untuk membobol jaringan internet menjadi super cepat, atau lebih cepat dari sebelumnya. Kegiatan tersebut dikatakan tidak harus menggunakan tools atau OS untuk hacking. Contohnya cukup dengan perintah CMD (Command Prompt) di atau .

Caranya yaitu dengan membuka CMD di komputer atau laptop Anda. Jika belum mengetahui caranya, bisa dengan membuka melalui Start-Search, ketik CMD. Begitu CMD terbuka, Anda harus mencari tahu target DNS Servernya. Caranya dengan mengetikkan perintah pada CMD. Kemudian, nanti akan muncul target DNS Anda, lalu ketik kode pada CMD.

Selain itu, ada cara lain selain membobol jaringan menjadi cepat, yang diberitahukan oleh seorang bernama Mathy Vanhoef. Peneliti asal Belgia tersebut mempublikasikan temuan celah pada internet yang mampu membobol jaringan internet nirkabel Wi-Fi, meskipun terlindungi protokol Wi-Fi Protected Access (WPA2).

Bernama key re-installation attack atau ‘Krack’, celah keamanan ini bisa dipakai untuk menyadap aneka macam informasi yang dikirimkan oleh klien ke internet melalui jaringan Wi-Fi.

“Ini dapat dimanfaatkan untuk mencuri data sensitif seperti nomor kartu kredit, password, pesan chat, email, foto, dan lain-lain,” sebut peneliti Mathy Vanhoef.

Skala dampak Krack luar biasa besar, karena mencakup seluruh perangkat elektronik yang memiliki kemampuan Wi-Fi dengan WPA2. Jumlahnya jutaan, kalau bukan miliaran, mulai dari perangkat genggam, komputer, hingga kulkas. “Kelemahan ini ada di standar WI-Fi itu sendiri, bukan di atau implementasi tertentu secara individual. Karenanya, implementasi WPA2 apapun pasti terdampak. Kalau perangkat Anda punya Wi-Fi, maka kemungkinan besar punya celah keamanan tersebut ” lanjut Vanhoef.

Cara kerja Krack, yaitu saat perangkat klien ingin terhubung dengan jaringan Wi-Fi terproteksi, akan dilakukan 4-way handshake, untuk memastikan bahwa kedua pihak memiliki password yang sama.

Di saat bersamaan, 4-way handshake juga dipakai membuat kunci enkripsi yang akan digunakan dalam enkripsi trafik data antara perangkat klien dengan access point. Kunci inilah yang diincar lewat celah keamanan Krack.

“Untuk menjamin keamanan, kunci keamanan hanya boleh dipasang dan digunakan sekali saja. Sayangnya, hal tersebut tidak dijamin oleh protokol WPA2. Dengan memanipulasi handshake kriptografis, kami bisa memanfaatkan kelemahan dimaksud,” terang Vanhoef.

Dalam proses 4-way handshake, kunci enkripsi akan dibuat dan dipasang saat perangkat klien menerima pesan ketiga dari AP. Namun, karena pesan ini bisa tak diterima dengan baik, misalnya karena sinyal lemah, AP bisa mengirim pesan ketiga secara berulang kali. Tiap kali klien menerima pesan ketiga, kunci enkripsi yang sama akan dipasang. Bit identifikasi sekuriti (nonce) pun akan mengalami reset.

 

Share this post

PinIt
Loading...
scroll to top