Tersedia Dalam Berbagai Merek, Beras Kemasan 5kg di Alfamart Dijual Mulai Rp 63.900

Beras Pulen - (Sumber: livestrong.com)

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) mendapatkan amanat dari (Pemprov) DKI Jakarta melalui PT Food Station Tjipinang Jaya. Pasalnya, ritel tersebut ditunjuk sebagai distributor Food Station (FS) bagi pegawai negeri sipil (PNS) DKI Jakarta.

Pemprov DKI bahkan sudah menuangkan kesepakatan tersebut ke dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta No.140/2016. Menurut aturan, setiap PNS dan keluarga yang ditanggung, masing-masing mendapatkan jatah beras FS kemasan 5 kilogram (kg).

Jadi misalnya dalam satu keluarga PNS terdapat empat orang, maka jatah keluarga tersebut sebanyak 20kg. Distribusi beras FS tersebut melibatkan 4.500 gerai Alfamart di seluruh Jabodetabek. Pemilihan Alfamart bukan tanpa pertimbangan.

“Kami memilih dari beberapa modern channel dan yang kemudian kami nilai feasible dan sesuai dengan tujuan kami adalah Alfamart,” terang Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Arief Prasetyo Adi.

Sedangkan menurut Sumber Alfaria juga menegaskan mengenai skema bisnis yang terjalin dengan Food Station Tjipinang. “Kami yang paling siap dengan sistemnya dengan teknologi informasi (TI) integrasi kami, jadi kami yang dipilih Food Station,” ungkap Ryan Alfons Kaloh, Direktur Marketing PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

Untuk memudahkan pendistribusian beras, PNS DKI menggunakan kartu Ponta yang merupakan kartu keanggotaan konsumen milik Alfamart. Namun kartu Ponta untuk PNS DKI Jakarta berlabel khusus. Sejauh ini, Food Station Tjipinang mencetak 72.000 kartu Ponta bagi PNS DKI Jakarta.

Food Station Tjipinang mematok beras kualitas medium dalam program PNS DKI Jakarta dengan lebih murah ketimbang yang dijual kepada konsumen umum. Pada tahap pertama, mereka mematok beras FS Rp 13.000 per kg. Jadi total per kemasan 5 kg untuk PNS DKI Jakarta seharga Rp 65.000.

Beras jenis tersebut dianggap laris di dan bahkan ada yang sudah berlangganan.

“Saat ini sudah repeat order sudah banyak mencapai 500ton untuk pasar modern setiap bulan,” ujar Arief.

Selain beras FS, konsumen juga dapat menemukan beras kemasan 5kg dengan berbagai merek seperti Setra Ramos, Rojolele, Pandan wangi, Maknyuss, Si Pulen Long Grain Capital, Cap Bakoel, GT Beras Wangi, Beras Kepala Super ‘Hotel’, Ayam Jago dan lain-lain. Kisaran harga jualnya mulai Rp 63.900-135.000. Anda dapat membeli beberapa merek beras tersebut melalui pembelian online, atau membeli langsung di Alfamart.

Tetapi, merek beras Maknyuss dan Ayam Jago beberapa bulan terakhir menuai kontroversi sehingga beberapa toko ritel menghentikan penjualannya. “Produk tersebut kami akan tarik dari ,” kata General Manager (GM) Corporate Communication PT Alfaria Trijaya, Tbk, Nur Rachman. Hal tersebut didorong berita adanya pengoplosan beras beras cap Maknyoss dan Cap Ayam Jago di gudang milik PT Indo Beras Unggul (IBU), Bekasi, Jawa Barat.