Tersebar di Berbagai Wilayah Jakarta, Biaya Daycare Kini Bisa Sampai Jutaan Rupiah

Ilustrasi : Suasana tempat penitipan anak

Daycare atau tempat penitipan saat ini banyak tersebar di kota besar seperti Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, hingga Jakarta Utara. Para orang tua yang sibuk bekerja biasanya sangat membutuhkan daycare untuk mempercayakan buah hati mereka pada orang-orang terlatih atau di tempat yang memang terpercaya. Kadang semakin bagus dan reputasi suatu daycare berdasarkan review para pengguna jasanya, maka atau yang dipatok pun semakin mahal pula.

Sebagai gambaran, di Trust Daycare yang terletak di Jakarta Barat membagi mereka ke dalam 3 kategori, yakni Toddler Care (3-18 bulan) dengan biaya Rp 2,3 juta per bulan, kemudian Preschool Care (19-24 bulan) biayanya Rp 2 juta per bulan, dan Prekinder Care (> 25 bulan) biayanya lebih murah, yakni Rp 1,9 juta per bulan. Beralih ke wilayah Jakarta Selatan, ada LittleBee Daycare yang mematok biaya harian (daily fee) mulai Rp 500 ribu, jika bulanan mulai Rp 2 jutaan.

Selain itu, ada juga Daycare Paradise Baby dengan biaya mulai Rp 250 ribu hingga Rp 3,5 juta, Taman Main biayanya mulai Rp 300 ribu – Rp 4 juta, An-naml Daycare mulai Rp 15 ribu per jam hingga Rp 2 juta per bulan, Tiny Toes Daycare Rp 400 ribu – Rp 5 juta, Kidee Childcare Rp 250 ribu – Rp 3,7 juta, Little Owl Daycare Rp 375 ribu – Rp 4 juta, dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

Meskipun mungkin terlihat sepele, rupanya daycare di kota-kota besar cukup menjanjikan. Salah satunya seperti NTO Daycare yang digagas oleh Novita Tandry. NTO menawarkan jasa penitipan anak berkualitas dari segi fasilitas, keamanan, kenyamanan, dan tumbuh kembang anak. “Anak-anak berada dalam pengasuhan guru-guru yang berkualitas yang cinta dengan dunia anak,” ujar Novita, seperti dilansir Swa.

“Di NTO Daycare anak-anak dapat distimulasi dengan optimal dalam semua aspek tumbuh kembangnya baik fisik, kognitif, bahasa, sosial, emosi, dan spiritual,” sambungnya. Akan tetapi, dari bisnis penitipan anak yang digagasnya, urusan sewa tempat memang masih menjadi salah satu tantangan. Pasalnya bisnis daycare sangat tergantung pada . “Sangat bervariasi (keuntungannya). Tapi untuk saat ini Centre Mall Taman Anggrek bisa dikategorikan sebagai centre yang paling ramai anggotanya,” ucapnya.

Seperti halnya daycare pada umum, NTO Daycare menerapkan 3 macam biaya, meliputi biaya (dibayarkan sekali saat mendaftar), biaya pengembangan tiap 6 bulan, dan iuran bulanan. Besaran iurannya variatif, tergantung usia anak.

Loading...