Termasuk Kategori Super Food, Harga Buah Kiwi di Indomaret Rp10 Ribuan

Harga, buah, kiwi, per, kg, di, pasaran, Indomaret manfaat, kulit, konsumsi, Indonesia, dewasa, vitamin, kalsium, aman,Potongan buah kiwi yang telah masak

Memiliki cita rasa yang lembut manis dengan paduan rasa asam, menjadikan kiwi banyak dikonsumsi oleh anak-anak hingga dewasa. jualnya di pun relatif terjangkau, yakni Rp48 ribuan per kg. Bahkan di minimarket seperti Indomaret, kiwi hijau biasa satuan dengan harga Rp10 ribuan.

Pada tiap 100 gram buah kiwi yang mentah, disebut-sebut terdapat sekitar 60 kilo kcal energi, 14 gram karbohidrat, serat diet 2 gram, dan 0,5 gram lemak. Selain itu juga diperkaya dengan sekumpulan vitamin, seperti B1, B2, B3, B5, B6, B9, vitamin C, E, K, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, serta natrium. Kandungan ini menjadikannya berpotensi baik untuk maupun untuk mencegah sakit.

“Kulit dari buah kiwi seluruhnya bisa dimakan dan membuat buah ini jadi semakin bernutrisi,” terang California Kiwifruit Commision seperti dilansir Purewow. Bahkan kulit kiwi dikatakan memiliki kandungan serat tiga kali lebih tinggi dibanding daging buahnya sendiri.

Sementara itu, Elisa Zied, MS, ahli nutrisi dan penulis buku Feed Your Family Right, mengatakan kiwi termasuk dalam satu dari 10 jenis makanan super (super food). Kiwi termasuk buah yang multitasking karena mengandung nutrisi pelawan penyakit, rasanya enak, mengandung sedikit kalori, plus membuat kulit awet muda.

Buah kiwi sering diidentikkan dengan Selandia Baru. Padahal, buah yang kulitnya berbulu dan bentuknya mirip sawo ini sebenarnya berasal dari China dan baru masuk ke Selandia Baru awal tahun 1990-an. Keberhasilan industri buah kiwi di Selandia Baru tak lepas dari jasa Isabel Fraser, seorang guru yang membawa pulang biji-biji kiwi setelah mengunjungi kerabatnya di Cina.

Di pasaran, umumnya terdapat dua jenis buah kiwi, yakni green (hijau) dan gold (emas). Rasa kiwi hijau agak asam dan segar, sedang kiwi emas terasa lebih manis di lidah. Kandungan vitamin C dalam kiwi hijau 92,7 mg vitamin C per 100 gram, sedikit di bawah kandungan vitamin C kiwi emas yang mencapai 105,4 mg per 100 gram.

Kendati demikian, kandungan vitamin C dalam kiwi hijau dan kiwi emas lebih banyak dibanding jeruk dan pepaya. Sementara itu kandungan vitamin E-nya melebihi mangga dan pepaya. Selain vitamin, kedua jenis buah kiwi ini juga kaya akan serat yang baik untuk kesehatan saluran cerna. Bukan hanya itu, serat yang cukup juga bisa menjaga kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Juga kaya nutrisi serta antioksidan.

Antioksidan yang terdapat dalam buah kiwi merupakan yang paling mudah dimetabolisme tubuh dan diserap ke dalam pembuluh darah. Itu sebabnya makanan sumber antioksidan seperti kiwi sangat disarankan untuk mereka yang ingin sehat secara alami.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Nutrition menunjukkan bahwa dari 27 jenis buah yang umum dikonsumsi, seperti pepaya, mangga, dan alpukat, ternyata kiwi memiliki kepadatan nutrisi paling tinggi. kepadatan nutrisi (nutrient density) biasa dipakai para ahli diet untuk mengukur nilai gizi bahan makanan tertentu dibandingkan dengan bahan makanan lain dalam porsi yang sama. Makin tinggi kepadatan nutrisinya, makin baik mutu bahan tersebut.

memakan buah ini bisa dikonsumsi secara langsung, ataupun diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Kiwi yang memiliki rasa yang segar dapat dengan mudah dipadukan dengan aneka santapan sehat lain, seperti dijadikan bagian dari salad, campuran yoghurt, pemanis es krim, smoothies, selai, oatmeal, cake, kue, jus, hingga puding.

Loading...