Terkenal Snorkelingnya, Tiket Masuk Pantai Gili Ketapang Probolinggo Rp 4.000 Per Orang

Pantai Gili Ketapang - (Sumber: raftingsonga.com)

Berwisata ke sebuah pulau tersembunyi, mungkin menjadi pilihan berlibur yang menarik. Misalnya saja mengunjungi Pulau Gili Ketapang Probolinggo. Pulau tersebut merupakan pulau kecil yang terletak antara Pulau Jawa dan Madura. Jalur utama ke pulau ini adalah melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. Untuk masuk pelabuhan, Anda akan dikenai masuk Rp 4.000 per orang.

Untuk dapat berkunjung ke pulau tersebut, Anda terlebih dahulu memasuki pelabuhan Tanjung Tembaga. Kemudian, dapat melanjutkan laut sekitar 30 menit dengan menyewa kapal taksi. Dengan sebesar Rp 7.000 saja, Anda dapat menuju pulau yang memiliki luas sekitar 61 hektare tersebut.

Pelan tetapi pasti, pulau Gili Ketapang semakin dikenal masyarakat, baik dari sekitar Kota Probolinggo, maupun luar kota, seperti Surabaya, Sidoarjo, Malang, Jakarta, dan kota lainnya.

Pulau tersebut terkenal dengan keindahan alam yang dimilikinya. “Pengunjung sangat tersentuh dengan keindahan alam bawah laut Pulau Gili. Bahkan, pengunjung bisa foto bersama ikan nemo dan ikan hias lainnya,” ujar Zaini Romli, salah seorang pemandu, yang juga pemuda Desa Pulau Gili.

Arus air permukaan laut maupun di bawah, tidak terlalu kencang untuk diselami beberapa saat dengan menggunakan snorkeling. Tidak mengherankan, apabila sebagian besar pengunjung ingin melakukan kegiatan tersebut.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan karang yang indah. Demikian pula, puluhan ikan Nemo yang keluar masuk di antara karang. Untuk melakukan penyelaman itu, para akan dipandu 8 yang merupakan remaja dan pemuda Desa Gili Ketapang.

“Wisata bahari ini merupakan keinginan anak-anak muda desa kami yang selesai kuliah di luar daerah. Mereka punya tekat yang sama untuk mengangkat . Terutama, melalui wisata snorkeling dan UKM (usaha kecil menengah),” kata Kepala Desa Gili Ketapang, Suparyono.

“Kami berharap dengan wisata bahari ini, terumbu karang bisa tumbuh dengan bagus. Ke depan kami bekerja sama dengan Desa Dringu (Kecamatan Dringu) dengan wisata sektoral, di Desa Dringu wisata mangrove, di sini terumbu karangnya,” tambah Suparyono.

Anda juga bisa bersnorkeling dengan memilih paket yang disediakan di Pulau Gili Ketapang. Per paket harga Rp 95ribu hingga Rp 170ribu. Paket snorkeling tersebut sudah termasuk fasilitas kapal PP (Pelabuhan Tanjung Tembaga-Gili-Pelabuhan Tanjung Tembaga), full set snorkeling, pelampung, kaki katak, makan siang, guide, fotografer under water, kamera drone untuk dokumentasi, dan lain-lain.

Adanya kegiatan snorkeling tersebut membawa dampak perekonomian bagi kehidupan masyarakat sekitar. Terutama, bagi para kapal taksi dan pelaku UKM. “Biasanya kapal taksi itu 2 hari sampai 3 hari di Pelabuhan (Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo) harus antre menunggu . Namun, dengan adanya snorkeling, jika Sabtu dan Minggu, hampir 100 unit kapal taksi itu penuh dengan . Kalau hari-hari biasa, separuhnya atau 50 unit kapal yang sering penuh dengan ,” ujar Kepala Desa Gili Ketapang.

Selama berada di pulau, wisatawan bisa menikmati warung-warung makanan khas hidangan laut dan juga sate Madura. Sebab, mayoritas penduduknya merupakan keturunan Madura yang terkenal jago membuat hidangan lezat.

Loading...