Terbuat dari Stainless Steel, Alat Sounding Weiss Dibanderol Mulai Harga Rp 600 Ribuan

Harga Alat Sounding Weiss

Dalam dunia perkapalan atau perminyakan biasanya dikenal sebuah yang digunakan untuk mengukur kedalaman suatu beda atau benda yang dinamakan dengan alat sounding atau sounding meter tape/pita. Umumnya alat sounding dipakai untuk mengukur kedalaman tangki-tangki besar yang sulit dijangkau. Satuan yang digunakan untuk alat sounding adalah mm atau cm dan feet atau inch untuk panjang. Alat ini terdiri dari berbagai , yakni 10 meter, 20 meter, hingga 30 meter.

Ada begitu banyak merk alat sounding di pasaran, misalnya saja Weiss, Richter, Fatools, Lufkin, dan masih banyak lagi. alat sounding pun cukup bervariasi. Sebagai contoh, Weiss 20 meter dengan harga sekitar Rp 600 ribuan, Richter 10 meter Rp 685 ribuan, dan Richter 30 meter harganya bisa mencapai Rp 1 jutaan.

Meski pengukuran tangki biasanya sudah menggunakan digital, pengukuran secara manual dengan sounding tape masih cukup disukai karena terkadang ada beberapa kondisi yang membuat kru kapal tak selalu dapat mengandalkan sounding digital.

“Pengukuran fluida pada tangki tidak selalu tergantung pada peralatan yang bekerja secara otomatis dan mekanis, pengukuran fluida dapat dilakukan secara manual pada keadaan-keadaan tertentu atau pada jenis fluida tertentu untuk menghindari terjadinya polusi atau tumpahan minyak dan menghindari terjadinya kerusakan mesin,” demikian seperti dilansir dari Dunia Maritim.

Sounding tape sendiri disebut-sebut sebagai alat ukur ketinggian cairan dalam tangki yang biasanya terbuat dari bahan , serta tidak mudah rusak dan berkarat apabila digunakan pada minyak atau cairan kimia tertentu. Mekanisme atau cara kerja alat meteran sounding juga cukup sederhana. Bagian plumb bob paling ujung yang mirip pendulum biasanya dicelupkan hingga ke dasar tangki untuk kemudian diamati sampai di mana ketinggian minyak atau cairan pada steel tape.

Selain itu, bisa juga dengan metode ullage tank, di mana ketinggian cairan dilihat dari bob/tape yang menyentuh batas permukaan atas cairan. Metode pengukuran ini hanya dilakukan pada bagian tangki yang tidak terdapat cairan atau pada level cairan tertinggi. sounding secara manual ini penting untuk diketahui kru kapal agar dapat menghindari terjadinya kesalahan pengukuran volume fluida dan juga meminimalisir terjadinya kebocoran atau tumpahan minyak.

Loading...