Tawarkan Keuntungan Menjanjikan, Harga Telur Bebek Per Butir Dipatok Rp 1.700-2.500

Telur Bebek - www.sehatituharus.com

Telur yang kerap dijadikan pangan di ada bermacam-macam, mulai dari telur ayam, telur ayam kampung, telur burung puyuh, hingga telur bebek. Masing-masing telur memiliki kelebihannya masing-masing. untuk telur bebek bisa dipasarkan dalam bentuk mentah dan dapat diolah menjadi telur asin yang jualnya cukup tinggi dan sampai hari ini banyak diminati oleh Indonesia.

Dibandingkan telur ayam, harga telur bebek di beberapa daerah cenderung stabil. Sejak bulan Agustus 2017 lalu telur yang mengalami kenaikan harga di Medan hanya telur ayam ras. “Hanya jenis telur itu (telur ayam ras) aja yang naik, untuk telur bebek, ayam kampung, dan telur puyuh, tidak naik. Tetap normal,” kata salah seorang di Simpang Limun, Acung, seperti dilansir Analisadaily.

Di pasar Medan harga telur bebek per butir dipatok seharga Rp 1.700. Secara umumnya, harga telur bebek di tingkat peternak adalah Rp 1.400 per butir, sedangkan di tingkat konsumen harga telur bebek berkisar di angka Rp 2.000 hingga Rp 2.500 per butir. Jika sudah diasinkan, maka telur bebek asin menjadi lebih mahal sekitar Rp 4.000 hingga Rp 6.000 per butir.

Karena memiliki prospek yang tergolong menguntungkan, salah seorang polisi di Jembrana, Bali pun memiliki sampingan ternak bebek. Per harinya ternak bebek milik pria bernama Made Sumerta sanggup menghasilkan sekitar 450 butir telur dan hampir selalu habis terjual di pasaran.

Berawak dari ternak 10 ekor bebek, kini Sumerta telah memiliki sekitar 600 ekor bebek yang per hari dapat bertelur rata-rata 450 butir. “Panen langsung terjual, harga per butirnya Rp 1.500 ribu. Rata-rata setiap hari dari jual telur kurang lebih Rp 675 ribu,” kata Sumerta.

Dari berjualan telur bebek, Sumerta mengaku meraih keuntungan sekitar Rp 275 per hari karena biaya yang harus ia keluarkan untuk kebutuhan pakan ternak sebesar Rp 400 ribu per hari. “Ya lumayan untuk tambah-tambah penghasilan keluarga. Bahkan dari hasil itu saya bisa nabung untuk masa depan anak-anak serta bekal pensiun nanti,” ungkap pria yang menjelang masa pensiun ini.

Loading...