Tarif Pasti, GrabCar di Jogja Ternyata Punya ‘Zona Merah’

GrabCar - www.businesstimes.com.sg

Mulai bulan Desember 2016 lalu, , GrabCar, memang telah hadir di Yogyakarta. Menawarkan yang pasti dan tidak berubah, layanan ini bisa menjadi bagi Jogja dan sekitarnya. Namun, yang perlu diketahui, ada beberapa ‘zona merah’ di Kota Gudeg yang tidak boleh dilalui oleh taksi online seperti GrabCar untuk mengambil .

“Driver online tidak boleh mengambil penumpang di zona merah ini. Mereka diperkenankan ke zona merah hanya untuk mengantarkan penumpang,” jelas Ketua Umum Paguyuban Pengemudi Online Jogjakarta (PPOJ), Muhtar Ansori, seperti dikutip Kompas. “Zona merah itu sebenarnya muncul karena ada kesepakatan setelah ada peristiwa, seperti rebutan penumpang, di tempat-tempat umum tersebut.”

Selain dimunculkan karena ada kesepakatan setelah peristiwa, zona-zona merah ini juga muncul berdasarkan aturan pemerintah, sehingga otomatis di tempat itu melarang transportasi yang tidak memiliki izin khusus untuk beroperasi di lokasi tersebut. Zona-zona merah yang dimaksud seperti bandara dan terminal yang hanya membolehkan bus untuk masuk.

“Selama ini, kami tidak henti-hentinya memberikan informasi dan mengingatkan kepada sopir taksi online agar tidak melanggar kesepakatan zona merah tersebut. Selain itu, untuk saling menghormati dengan sopir alat transportasi lainnya yang ada di lokasi itu,” sambung Ansori. “Namun, setahu saya, untuk penumpang, belum ada semacam pemberitahuan tentang zona merah itu.”

Terlepas dari kesepakatan mengenai zona merah itu, layanan GrabCar tentunya bisa dijadikan alternatif transportasi bagi mobilitas masyarakat Jogja. Pasalnya, layanan ini selain memberikan tarif pasti tanpa biaya pemesanan, juga telah menyediakan klaim asuransi untuk maksimal enam penumpang dalam satu kendaraan, serta dibekali dengan pengemudi yang terlatih.

Di dalam resminya, Grab memang tidak memberikan rincian tarif per km atau per menit dari layanan mereka. Pengguna baru akan mendapatkan tarif setelah mereka memasukkan lokasi penjemputan dan lokasi tujuan. Namun, tarif GrabCar di Jogja secara umum tidak berbeda dengan kota-kota lainnya, yaitu sekitar Rp4.000 per km, tanpa memperhitungkan kondisi jalan. Tetapi, perusahaan menetapkan biaya minimum untuk layanan GrabCar sebesar Rp10.000.

Loading...