Ingin Parkir Inap di Stasiun Gambir? Segini Tarif Parkir yang Berlaku Tahun 2020

Suasana pintu masuk Stasiun GambirSuasana pintu masuk Stasiun Gambir - www.flickr.com

Tiap di kawasan Jakarta sudah dilengkapi dengan lahan yang biasa digunakan oleh para penumpang yang datang dengan membawa pribadi. Di Stasiun Gambir misalnya, hingga 2020 ini tersedia lahan parkir yang cukup luas untuk maupun sepeda motor. Selain parkir dalam durasi jam, di tempat parkir Stasiun Gambir juga biasa digunakan oleh para pengunjung untuk parkir inap. Tarif yang ditarik pun berbeda antara roda dua dan roda empat.

Lahan parkir di Stasiun Gambir sendiri dikelola oleh anak usaha PT Kereta Api , yakni PT Reska Multi Usaha (RMU). Seperti halnya beberapa area parkir di stasiun lain, di Stasiun Gambir kabarnya sudah menggunakan pembayaran cashless alias non tunai dari 4 kartu e-money perbankan, seperti BNI, BCA, BRI, dan juga Mandiri.

Di Stasiun Gambir sendiri rupanya tidak berlaku tarif parkir inap, melainkan tarif parkir progresif. “ parkir di Stasiun Gambir tidak berlaku tarif inap. Tarifnya bersifat progresif, untuk motor 1 jam pertama Rp3 ribu, selanjutnya Rp2 ribu,” demikian kata PT KAI melalui akun Twitter resminya, @KAI121. Sedangkan untuk biaya parkir mobil di Stasiun Gambir 1 jam pertama ditarik Rp5.000 dan per jam berikutnya adalah Rp5.000.

Sebagai salah satu stasiun besar di Jakarta yang sudah cukup padat, rupanya berencana mengalihkan peran Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai untuk melayani perjalanan kereta luar kota. Sayangnya, parkir di Stasiun Manggarai kabarnya kurang begitu luas. Menurut informasi petugas parkir, dua lahan parkir di Stasiun Manggarai mempunyai daya tampung sekitar 400 dan 200 kendaraan roda dua.

“Mungkin di Stasiun Manggarai-nya harus diperluas kali stasiunnya. Jadi kan parkirannya kan sempit banget ya yang saya tahu,” ujar salah satu penumpang bernama Roni, seperti dilansir Detik.

Sebagai informasi, Stasiun Manggarai yang direncanakan menjadi hub atau stasiun pusat di Jakarta pada 2021 nantinya bukan hanya melayani KRL Jabodetabek dan KA Bandara, tetapi juga melayani kereta luar kota. Oleh sebab itu, fasilitas lahan parkir tentunya harus dipertimbangkan. Apalagi karena di Stasiun Manggarai belum ada area parkir untuk kendaraan roda empat.

Loading...