Tampilkan Kesan Klasik dan Mewah, Harga Wrought Iron Gate Relatif Mahal

Besi Tempa - (Sumber: pagarbesitempaklasik.wordpress.com)Besi Tempa - (Sumber: pagarbesitempaklasik.wordpress.com)

Wrought iron atau tempa adalah polos yang berbentuk kotak dan sudah mendapatkan perlakukan khusus sehingga mampu menghasilkan tekstur atau bentuk tertentu. penempaan pada dilakukan ketika masih merah menyala. Proses penempaan dilakukan dengan cara dipukul.

Kebanyakan, proses tempa dilakukan untuk membentuk besi agar sesuai dengan keinginan pembuatnya. Besi tempa banyak digunakan dalam konstruksi besi. Biasanya besi tempa juga digunakan dalam pembuatan pagar perumahan atau disebut wrought iron gate.

Dalam pembuatan pagar, proses menempa besi biasanya hanya untuk mendapatkan tekstur tertentu. Sedangkan pembengkokan besi dapat dilakukan dengan cara manual ketika besi dalam keadaan dingin. Pembuatan tekstur besi dengan metode penempaan dapat dilakukan dengan tenaga manusia atau dilakukan di . Yang paling banyak beredar saat ini adalah tekstur buatan karena jika buatan tangan harganya akan sangat mahal namun memiliki tekstur yang sangat khas.

Ciri khas besi tempa adalah keras tetapi mudah lentur. Besi ini tidak mudah dilakukan sehingga berbeda dengan besi yang mentah. Besi tempa memiliki sejumlah kecil karbon sehingga jika ditajamkan dapat menjadi tirus namun besi tersebut juga akan cepat kehilangan ketajamannya.

Karena besi tersebut melalui proses penempaan untuk membentuk teksturnya, biasanya teksturnya akan kasar dan unik. Apalagi proses finishingnya juga cukup lama. Selain itu, harga besi tempa juga jauh lebih mahal daripada besi biasa karena prosesnya yang panjang untuk mendapatkan tekstur dan bentuk yang sesuai dengan keinginan. Konstruksi besi dengan besi tempa memang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Sejak tahun 2017 lalu, memang banyak sekali yang memesan pagar besi tempa klasik. Selain sebagai pengaman rumah juga sebagai keindahan atau desain dari rumah tersebut. Pagar besi tempa sendiri dapat menaikkan harga jual dari rumah. Karena rumah terlihat lebih mewah dan terlihat lebih modern.

Pagar besi tempa atau model klasik memang sangat unik, pada tahun 1980-an sempat menjadi tren para perancang bangunan yang merekomendasikan model pagar klasik tersebut. Pada saat sekarang ini peminatnya masih banyak dan cocok diaplikasikan untuk bangunan properti yang mempunyai konsep unik, elegan, mewah dan megah

Model pagar besi tempa masih menggunakan ornamen besi tempa sebagai desain utama dari pagar besi tersebut. Yang dalam konsepnya, yakni ornamen merupakan bagian utamanya dan besi-besi lainnya sebagai tambahan desain penghias. Pagar besi tempa klasik mewah merupakan pilihan yang sangatlah tepat untuk pecinta seni dekoratif untuk huniannya. Besi tempa dapat dijadikan pilihan untuk menambah nilai keindahan desain rumah yang istimewa.

Sementara untuk harga, pagar besi tempa klasik memang lebih mahal dibandingkan harga pagar minimalis. Besaran harga tergantung dari desain dan ornamen yang dipilih oleh tiap konsumen. Penyedia jasa pembuatan pagar besi tempa menawarkan harga pagar besi tempa mulai dari Rp700 ribuan hingga Rp2,5 jutaan per meter. “Berbicara tentang harga pagar besi tempa, kami menawarkan harga yang cukup beragam, dan hal itu dilihat dari seberapa rumit dalam segi pengerjaannya serta bahan yang akan digunakannya,” ungkap salah seorang pemilik usaha pembuatan pagar besi tempa di .

Loading...