Tak Sepenuhnya Gratis, Ini Biaya untuk Klaim Asuransi Mobil Garda Oto

Asuransi Mobil - www.brilliantinsbrokers.comAsuransi Mobil - www.brilliantinsbrokers.com

Kendaraan bermotor seperti termasuk aset berharga yang dianggap perlu dilindungi dengan . Beruntung saat ini sudah banyak kredibel yang siap melindungi kendaraan para kliennya dari berbagai kondisi, mulai dari kecelakaan atau bahkan kerusuhan seperti Garda Oto yang merupakan produk mobil dari Astra.

Asuransi kendaraan yang ditawarkan Garda Oto secara umum memiliki 2 pertanggungan, yaitu total loss dan comprehensive (partial loss dan total loss). “Total loss yaitu untuk cover risiko kehilangan karena pencurian atau kehilangan atau perbaikan dengan biaya di atas atau sama dengan 75 persen pertanggungan. Comprehensive tentunya lebih luas, total dan partial mulai dari mobil baret (lecet),” kata Head of Communication and Event Asuransi Astra, Iwan Pranoto, seperti dilansir Liputan6.

Pada asuransi comprehensive, pihak perusahaan akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. Keuntungan dari menggunakan asuransi comprehensive atau all risk ini akan memberikan perlindungan secara menyeluruh.

Yang lebih menarik lagi, asuransi Garda Oto juga menawarkan produk asuransi untuk mobil yang terkena dampak dari kerusuhan atau huru-hara. Menurut Head of Communication and Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto, apabila kendaraan terbakar karena aksi kerusuhan, maka asuransi hanya akan memberi ganti rugi apabila pemilik kendaraan mengikuti perluasan tanggungan SRCC (Strike, Riot, and Civil Commotion).

SRCC sendiri adalah perlindungan tambahan asuransi yang meliputi kerusuhan, pemogokan, serta huru-hara. Iwan mengatakan, mobil yang dilindungi dengan perluasan jaminan tersebut akan diganti rugi, sesuai dengan kondisi sebelum kejadian yang diperiksa oleh petugas asuransi. “Nanti, mobilnya tinggal diderek. Kalau beritanya jelas terbakar, dokumen lengkap, langsung kami proses. Kalau kredit, gantinya ke leasing. Kalau beli , perbaiki di bengkel,” ucapnya.

Pihak asuransi kabarnya akan mengganti dengan tunai apabila biaya perbaikannya mencapai 75% dari harga mobil. “Perluasan jaminan biayanya kecil, hanya nol sekian persen dari harga mobil. Kalau asuransi Garda Oto untuk mobil harga Rp 300 jutaan, biasanya sudah termasuk,” bebernya.

Klaim asuransi pada Garda Oto pun tidak sepenuhnya gratis. Menurut resminya, meski kerusakan ditanggung asuransi, tetap ada biaya yang harus dikeluarkan konsumen, yaitu biaya risiko sendiri atau own risk (OR). Adapun untuk tiap laporan klaim, tertanggung akan dikenai biaya Risiko Sendiri sebesar Rp 300 ribu. Apabila klaim terkait perluasan jaminan, maka pemegang polis dikenai biaya 10% dari nilai klaim yang disetujui, minimal Rp 500 ribu.

Loading...