Tak Dipungut Biaya, Penggantian Kartu ATM Mandiri ke Chip Bisa Dilakukan di Cabang Terdekat

Ilustrasi: ATM Mandiri chip (sumber: duitologi.com)Ilustrasi: ATM Mandiri chip (sumber: duitologi.com)

Setiap di Indonesia memiliki fitur layanan berupa yang memungkinkan setiap untuk melakukan secara langsung di mesin-mesin ATM yang telah disediakan, tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor cabang. Setidaknya ada beberapa layanan yang bisa dilakukan melalui ATM, mulai dari cek saldo, tarik tunai, setor tunai, , pembayaran tagihan, dan sebagainya. Saat ini sebagian besar bank, termasuk juga telah menggunakan debit baru yang tak lagi menggunakan pita magnetik, melainkan menggunakan chip.

Terdapat beberapa macam jenis kartu Mandiri Debit Chip yang dapat dipilih oleh nasabah, mulai dari Visa Gold, Visa Platinum, Visa Gold Bisnis, Visa Platinum Bisnis, Visa Prioritas, dan Visa Cobrand. Sedangkan untuk Kartu Debit Chip tersedia Silver GPN, Gold GPN, Platinum GPN, dan Cobrand GPN.

Untuk melakukan penggantian Mandiri dari magnetic stripe ke chip bisa dilakukan dengan datang ke cabang Bank Mandiri terdekat. Nasabah cukup membawa KTP dan kartu Mandiri Debit Magnetic Stripe yang hendak diganti. Penggantian Mandiri itu pun kabarnya gratis.

“Penggantian kartu ini tidak dikenakan biaya jika nasabah mengganti dengan jenis kartu yang sama atau upgrade dari jenis kartu sebelumnya,” kata Brian A Nugroho Retail Transaction & Consumer Head Bank Mandiri Region II /Sumatera 2, seperti dilansir Tribunnews.

Seperti diketahui, saat ini Bank Mandiri telah mulai melakukan kartu debit ke teknologi chip berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) untuk keamanan yang dijanjikan lebih baik. “Iya, kita berganti ke GPN. Jadi kartu ATM yang belum pakai teknologi chip, wajib pakai chip,” ujar Credit Card Head Bank Mandiri Region Sumatera 2, Bambang Indro.

Adapun untuk penggantian kartu yang tertelan oleh mesin ATM, nasabah cukup membawa KTP dan mengisi Surat Pernyataan Kartu Tertelan. Ganti kartu ATM Mandiri yang tertelan pun tidak dikenai biaya. Sedangkan untuk penggantian kartu yang hilang atau rusak, nasabah wajib membawa KTP dan Surat Kehilangan dari Kepolisian (Kartu Hilang) dan dikenai biaya Rp 15.000.

Loading...