Survei Nikkei: Sektor Jasa Komersial Pimpin Pertumbuhan PMI Asia

Purchasing-Manager’s-Index-(PMI)-Nikkei-Asia

TOKYO – Purchasing Manager’s Index (PMI) menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan pada bulan Juni 2017 dalam 15 sektor dari 19 sektor yang dipantau. komersial & profesional memimpin pertumbuhan paling tajam di angka 55,8, disusul dengan bisnis makanan dan minuman di angka 55,0, dan jasa dengan 54,8.

Dalam siaran press yang dirilis Senin (10/7) ini, Nikkei mengatakan bahwa yang dihimpun oleh IHS Markit tersebut menunjukkan bahwa peningkatan terjadi di sebagian besar kategori yang dibahas, dengan layanan komersial dan profesional mengalami pertumbuhan paling terang di kuartal kedua 2017. Pada bulan keenam, pertumbuhan juga kembali dialami oleh sektor bahan kimia serta dari hutan dan kertas, sedangkan ekspansi terus dilakukan di 13 segmen lainnya.

Bisnis asuransi turun memang turun dari posisi pertama ke posisi ketiga di bulan Juni, namun tingkat ekspansi output dalam kategori ini naik ke level tertinggi dalam 19 bulan terakhir. Peningkatan aktivitas yang solid juga dibukukan di layanan (tertinggi dalam 19 bulan), peralatan teknologi (tertinggi dalam 4 bulan), dan layanan (tertinggi dalam dua bulan).

Di sisi lain, spektrumnya adalah logam & pertambangan dan real estate, dengan mencapai output turun untuk bulan keempat dan ketiga berturut-turut secara bulanan, dengan masing-masing di angka 48,3 dan 47,0. Sektor yang disebut terakhir ini malah mencatat kontraksi paling curam sejak tahun kemarin, tepatnya Februari 2016. Selain itu, aktivitas bisnis juga mengalami penurunan, sedangkan di sektor industri perangkat dan onderdil mobil serta kategori produk pribadi mengikuti pertumbuhan pada periode sebelumnya.

Loading...