Suguhkan Wisata Alam Menakjubkan, Tiket Masuk Geopark Ciletuh Dipatok Terjangkau

Geopark Ciletuh - bisniswisata.co.idGeopark Ciletuh - bisniswisata.co.id

Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu, saat ini sedang berjuang agar dapat diakui sebagai Geopark atau Geopark oleh . wisata menawan tersebut telah dinyatakan sebagai Geopark Nasional dan bulan lalu telah dikunjungi tim assessor dari Global Geoparks Network (GGN) . Sejak dikukuhkan sebagai Geopark Nasional, keberadaan Ciletuh makin menyedot perhatian masyarakat. masuk Geopark Ciletuh pun kabarnya cukup murah, hanya berkisar Rp 3 ribuan saja.

“Targetnya Desember 2017 itu menjadi Geopark Internasional, masuk dalam Global Geopark Network. Itu 2017. Makanya dikejar (penilaiannya) tahun ini besar-besaran,” ungkap Ketua Gugus Tugas Percepatan Geopark Ciletuh dari Kementerian ESDM, Yunus Kusumahbrata, seperti dilansir VOA Indonesia.

Geopark Ciletuh disebut-sebut sebagai taman alam berbasis konservasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat yang berlandaskan pada keragaman geologi, hayati, dan budaya. Bahkan menurut dari para ahli geologi, Geopark Ciletuh termasuk daerah batuan tertua di Pulau Jawa dengan bentuk yang mirip seperti tapal kuda dan menghadap ke Samudera Hindia.

Rute atau jalan menuju Ciletuh Geopark pun cukup mudah. Jika berangkat dari Bandung, wisatawan membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk sampai di Geopark Ciletuh dengan melewati Padalarang – Cianjur – Sukabumi – Pelabuhanratu – Jampang – Geopark Ciletuh . Namun wisatawan juga wajib berhati-hati, pasalnya usai memasuki Kecamatan Ciemas, jalan menuju Ciletuh Geopark cenderung menurun dan berkelok-kelok.

Ada beberapa spot terbaik untuk mengagumi keindahan dari Geopark Ciletuh, yaitu tebing bebatuan Paniisan, Panenjoan, dan Puncak Darma. Geopark Ciletuh juga memiliki sekitar 9 air terjun yang unik dan menawan, antara lain Curug Cimarinjung, Curug Awang, Curug Puncak Manik, Curug Tengah, Curug Ngelai, Curug Cikanteh, Curug Sodong, Curug Nyelempet, dan Curug Dogdog.

Di Dermaga Palangpang, para wisatawan juga dapat menyewa perahu nelayan dengan kapasitas maksimal 8 orang untuk mengelilingi berbagai pulau dengan biaya antara Rp 400-500 ribuan. Sementara itu, untuk urusan penginapan di dekat Geopark Ciletuh rate atau tarifnya berkisar mulai dari Rp 100-200 ribuan per malam. Masing-masing penginapan setidaknya dapat menampung antara 4-6 orang.

Loading...