Prospek Stimulus AS Kian Terang, Rupiah Berakhir Menguat

Rupiah - www.tribunnews.comRupiah - www.tribunnews.com

JAKARTA – mampu mempertahankan posisi di area hijau pada perdagangan Rabu (21/10) sore, seiring dengan , ketika prospek stimulus fiskal AS semakin menemui titik terang. Menurut paparan Bloomberg Index pada pukul 14.59 WIB, Garuda ditutup menguat 25 poin atau 0,17% ke level Rp14.632,5 per AS.

Sementara itu, data yang diterbitkan pukul 10.00 WIB menetapkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) berada di posisi Rp14.658 per dolar AS, menguat 71 poin atau 0,48% dari sebelumnya di level Rp14.729 per dolar AS. Di saat yang bersamaan, mayoritas mata uang Asia juga mampu mengungguli , termasuk won Korea Selatan dan ringgit Malaysia.

Dilansir dari CNBC Indonesia, mata uang Benua Kuning berhasil memanfaatkan pelemahan yang dialami greenback. Mata uang Paman Sam memang terpantau turun, disebabkan semakin jelasnya kabar mengenai stimulus fiskal AS. Keberadaan stimulus bernilai triliunan dolar AS akan membuat pasokan mata uang tersebut meningkat. Akibatnya, terjadi tekanan inflasi sehingga nilai riil greenback kurang menarik.

Seperti diberitakan Reuters, dolar AS mencapai level terendah satu bulan pada hari Rabu karena investor yang optimis tentang paket stimulus AS pra-pemilihan mencari mata uang berisiko, sedangkan pemulihan yang kuat dalam China membantu mendorong yuan ke level tertinggi dua tahun. Mata uang Paman Sam melemah 0,275 poin atau 0,30% ke level 92,792 pada pukul 14.53 WIB.

“Sentimen stimulus AS tetap bermain,” kata kepala riset ASEAN di MUFG di Singapura, Sook Mei Leong. “Ini terlepas dari bahwa nilai tukar euro terhadap dolar AS tetap rentan terhadap arus peningkatan kasus konfirmasi COVID-19 dan aktivitas ekonomi yang terganggu karena pengenalan kembali kebijakan lockdown.”

Presiden AS, Donald Trump, menegaskan siap untuk menawarkan proposal stimulus yang lebih besar ketimbang penawaran sebelumnya , yakni 1,8 triliun dolar AS. Trump bahkan bersedia untuk memberi stimulus lebih dari 2,2 triliun dolar AS yang diusulkan kubu oposisi Partai Demokrat. “Saya ingin melakukan lebih dari (usulan) Demokrat,” tandas Trump.

Loading...