Standar Keselamatan Kerja, Harga Helm Safety Proyek Mulai Puluhan Ribu Rupiah

Harga Helm Safety Proyek

JAKARTA – Beberapa waktu lalu, foto tiga remaja yang masuk ke terowongan MRT (Mass Rapid Transit) Jakarta sempat menjadi viral karena mereka tidak menggunakan alat pelindung diri (APD), termasuk helm safety. Padahal, tanpa mengenakan helm yang dijual dengan mulai puluhan ribu rupiah tersebut, ketiga remaja ini memiliki mengalami kecelakaan, terutama di bagian kepala.

“APD hukumnya amat sangat wajib dipakai saat menginjakkan kaki di area proyek,” ujar salah seorang kontraktor MRT Jakarta. “Adapun APD tersebut di antaranya adalah helm proyek, rompi reflector, dan sepatu safety steel toe.”

Helm safety berfungsi melindungi kepala dari bahaya terkena benda jatuh selama di area proyek, sampai melindungi kepala dari benturan keras. Selain itu, pemakaian helm juga dapat melindungi kepala dari sengatan sinar matahari secara langsung. Jika pekerja atau pengunjung dengan sengaja tidak memakai helm selama berada di area proyek, maka berbagai risiko benturan di kepala bisa menyebabkan masalah fatal lainnya.

Menurut situs resmi WHO, pemakaian helm selama berada di area yang memiliki risiko tinggi juga penting untuk mencegah terjadinya luka pada kepala, baik luka terbuka maupun tertutup. Sementara, situs resmi Health and Safety Executive (HSE) milik Inggris menyebutkan bahwa pemakaian helm bagi pekerja bangunan juga tak asal-asalan. “Dalam setiap lingkungan proyek pembangunan, selalu ada risiko yang bisa dialami oleh kepala, termasuk tertimpa benda jatuh atau terbentur. Selama ada risiko tersebut, pemakaian pelindung kepala menjadi sesuatu yang wajib dilakukan,” tulis situs tersebut.

Di Indonesia sendiri, insiden kecelakaan kerja hampir terjadi setiap hari dari setiap 100 ribu pekerja, dengan 30 persen di antaranya terjadi pada sektor konstruksi. Sementara, data BPJS menyebutkan bahwa pada akhir 2015 lalu, terdapat 105.182 kasus insiden kerja dengan korban meninggal dunia mencapai 2.375 orang.

Pemerintah melalui Kementerian berharap agar implementasi sistem manajemen keselamatan kerja dapat segera diterapkan oleh semua di Tanah Air, salah satunya dengan menyediakan helm safety bagi para pekerja maupun pengunjung proyek. Saat ini, sudah banyak helm safety yang beredar di pasaran, merek Krisbow misalnya, yang dijual mulai Rp70 ribuan. Sementara, helm safety keluaran Venitex dipasarkan dengan harga mulai Rp220 ribuan.

Loading...