Sering Disebut Ukuran Sedang/Tanggung, Aqua Botol 660 ml Dijual Kisaran Harga Rp 3.000-3.500

Aqua Botol 660 ml - (Sumber: apakah.xyz)

Apabila mengingat mengenai air mineral dalam kemasan, mungkin satu ini langsung ada dalam ingatan. Apalagi kalau bukan Aqua. Dengan logo birunya yang terkenal, Aqua tersedia dalam berbagai kemasan.

Salah satu kemasannya yaitu botol 660ml. ini sering disebut dengan botol tanggung atau sedang, karena ukurannya yang tidak kecil, tetapi juga tidak begitu besar. Anda dapat membelinya di toko mana pun. Harganya sekitar Rp 3.000-3.500.

Aqua diproduksi salah satunya di kawasan Cianjur, Jawa Barat. tersebut berdiri di atas lahan seluas 12,5 hektare. Hanya ada sekitar 4 hektare lahan yang dijadikan , sisanya merupakan lahan hijau ‘Sehati’ Keanekaragaman Hayati.

Area Pabrik AQUA Cianjur terdiri dari 5 line atau 5 area , yaitu Line 1.600ml), Line 2 (330ml), Line 3 (600ml), Line 4 (1.500 ml), dan Line 5 (600ml) yang baru berusia setahun.

“Air AQUA di sini memiliki sumber pilihan dari air tanah dalam dari Gede Pangrango dan mengandung banyak mineral. Mineral tersebut sudah dikendalikan sesuai standar Danone,” ujar Novan Yulianto, Kepala Pabrik AQUA Cianjur.

Ia menjelaskan bahwa pabrik tersebut memiliki 3 sumber mata air yang berasal dari air tanah dalam Gunung Gede Pangrango. Novan menambahkan bahwa sumber air tanah dalam gunung tersebut tidak disedot secara langsung, melainkan pabrik menampung air yang keluar secara alami dari sumur sumber air dengan kedalaman 60-80 meter. Setelah ditampung dengan mesin, air tersebut segera diproses ke dalam water treatment.

Dalam water treatment tersebut, air akan melalui beberapa sebelum akhirnya dikemas ke dalam botol. tersebut bermula dari tahap filterisasi dan Ultra Violet (UV) untuk menyaring material yang ikut terbawa oleh air dengan ukuran penyaringan 5 mikron dan 1 mikron.

Lalu, air yang telah difilter akan masuk ke mesin filling atau pengisian ke dalam botol. Botol AQUA sendiri sebelumnya sudah dimasukkan ke tahap blowing atau peniupan botol dari biji botol dengan tekanan 40 bar.

Jika air telah masuk ke dalam botol, maka akan dilanjutkan ke tahap keeping atau penyimpanan mutu air dengan cara penutupan botol. Setelah itu, akan masuk ke tahap pemasangan label AQUA atau labeling.

Setelah air AQUA dikemas, air kemasan AQUA akan diberi kode untuk mengetahui tanggal produksi dan tanggal kedaluwarsa. Jika telah siap, maka air kemasan AQUA akan masuk ke tahap akhir yakni, tahap packing ke dalam kardus.

“Kita di sini berproduksi menggunakan teknologi yang tak banyak menggunakan tenaga campur tangan manusia, seperti dalam proses blowing, proses botol dari biji botol kemudian proses filling pengisian air, hingga proses itu seluruhnya dengan mesin automatic tidak ada campur tangan manusia. Ada tenaga manusia tapi sedikit hanya sekitar 6 orang, masing-masing bertugas untuk memastikan yang berkualitas tinggi dan performer yang bagus,” ungkap Novan.

Loading...