Sering Digunakan Untuk Membuat Kue, Harga Susu Carnation Rp8 Ribuan

Susu Carnation - (Sumber: blibli.com)

Di antara sekian banyak jenis susu sapi kemasan yang beredar di pasaran. Jenis susu kental manis adalah yang paling banyak diketahui oleh masyarakat. Salah satu produk susu kental manis yang umum dikonsumsi, yakni susu Carnation yang mulai Rp8.750 untuk kemasan kaleng 375 gram.

Susu kental manis Carnation merupakan hasil produksi produsen susu raksasa yakni Nestle. Susu Carnation banyak digemari banyak orang baik dikonsumsi secara langsung dengan menyeduhnya menggunakan air dingin atau panas. Selain itu juga menjadi bahan campuran untuk membuat aneka kue, roti, puding, es campur, dan penganan lainnya.

Nestle sendiri merupakan suatu perusahaan gizi dan dunia yang hadir di sejak tahun 1971. Nestle hadir untuk memenuhi keluarga Indonesia dengan motonya ‘Good Food, Good Life’. Perusahaan ini kemudian menghadirkan susu Carnation dengan begitu banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Selain rasanya yang manis legit, Carnation juga dikatakan memiliki kandungan gizi, lemak, vitamin, protein, dan lengkap bermanfaat yang menjadikannya semakin banyak dipilih oleh banyak orang. Serta dikemas dalam kemasan yang sangat praktis dengan kaleng yang membuat mudah untuk menuangnya.

Banyak orang memilih susu kental manis ini karena harganya yang lebih dan juga praktis. Namun perlu diperhatikan dalam penyimpanananya, karena susu kental manis dianggap lebih rentan terhadap mikroba penyebab susu tidak layak , setelah kemasannya dibuka. Jika tidak menyimpan susu dengan baik, maka akan muncul bintik-bintik hitam di sekitar lubang kaleng.

Susu Carnation akan mudah teroksidasi jika tidak segera dihabiskan atau tidak disimpan di dalam kulkas dan tempat aman lainnya.

“Bisa disimpan di kotak atau tempat lain yang lebih aman dan terjaga kerapatannya. Jadi tidak perlu memasukkan kaleng susu yang sudah dibuka ke dalam kulkas,” ucap Chef Beck dilansir dari MalangVoice.

Pada beberapa referensi menyebutkan bahwa susu kental manis dikatakan lebih tepat digunakan sebagai salah satu bahan untuk mengolah makanan karena kandungan gulanya yang sebesar 40-50 persen. Namun sayang, tak sedikit dari masyarakat yang mengkonsumsi susu kental manis setiap pagi sebelum memulai aktivitas.

Peneliti Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi Pangan dan Pertanian Asian Tenggara Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, berpendapat bahwa dalam pembuatan susu kental manis telah ditambahkan gula agar susu menjadi lebih awet. Namun, negatifnya susu ini tidak cocok dikonsumsi oleh -anak.

“Karena gulanya terlalu tinggi. Kalau anak kurang menjaga kebersihan mulut bisa menjadi karies gigi,” ujarnya.

Selain menimbulkan karies gigi, tingginya kandungan gula juga dapat memicu obesitas pada anak. Kemudian anak juga akan lebih memilih mengkonsumsi makanan manis daripada buah dan sayuran sehat lainnya.

Loading...