Serial Populer Sepanjang Masa, Ini Keuntungan yang Diraih Game of Thrones

Game of Thrones - www.theverge.comGame of Thrones - www.theverge.com

Popularitas dan kesuksesan serial of Thrones yang ditayangkan di HBO memang tak terbantahkan. Meski season-nya sudah berakhir, sampai saat ini masih banyak yang terkenang dengan serial yang telah tayang sejak tahun 2011 lalu. Terlebih karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya juga sempat menggambarkan kondisi yang sedang diliputi perang dagang dengan istilah ‘ of Thrones’. Alhasil banyak orang bertanya-tanya, berapa sebenarnya keuntungan yang didapat HBO dari penayangan GOT?

Karena sama-sama bergenre fantasi, banyak orang yang membandingkan GOT dengan The Lord of The Rings (TLOTR). Apalagi karena keduanya sama-sama diangkat dari novel. Namun rupanya menghitung keuntungan dari GOT tak semudah menghitung keuntungan pendapatan dari penayangan di bioskop layaknya LOTR.

Akan tetapi, sebagai gambaran, berdasarkan Forbes rupanya titik puncak penonton serial ini ada di season ke-6, di mana penonton Game of Thrones mencapai 8,9 juta orang. Bahkan serial ini juga diperbincangkan di hingga 2,4 juta tweet. Berbeda dari film di bioskop, penghitungan keuntungan atau profit serial semacam ini tentunya berasal dari berapa banyak orang yang berlangganan channel TV berbayar seperti HBO.

Berkat ketenaran dari GOT, HBO dilaporkan memiliki lebih dari 2 juta pelanggan yang 23%-nya merupakan penonton Game of Thrones. Dari sistem langganan tersebut, HBO memperoleh pendapatan hingga USD 1,6 miliar dan USD 583 untuk pendapatan operasional selama kuartal I 2017.

Menurut Analis Utama Amobee atau perusahaan pemasaran, Jonathan Cohen, serial Game of Thrones memberi dampak yang cukup besar dalam perkembangan bisnis HBO. Pasalnya setiap hari selalu ada penonton yang tertarik menonton acara tersebut. “Dampak Game of Thrones secara real-time sangat besar. Akan ada masih jutaan pemirsa yang ingin melihat episode baru lanjutan ketika tersedia,” kata Jonathan, seperti dilansir Detik.

Sementara itu, menurut Laurent Gorse, seorang pembuat film profesional, nyaris tidak mungkin pendapatan acara sebesar GOT hanya 4 persen dari seluruh pendapatan HBO. Terlebih karena HBO juga memperoleh keuntungan dari penjualan DVD dan Blu-ray Game of Thrones, meskipun ongkos produksi atau biaya pembuatan serial ini memang lebih besar daripada trilogi LOTR.

Loading...