Sempat Turun, Harga Emas Hari Ini Rebound Akibat Lesunya Dolar AS

Emas batangan murni (sumber: ccn.com)Emas batangan murni (sumber: ccn.com)

New York – Pada perdagangan hari Jumat waktu setempat, rupanya mengalami rebound. Penguatan emas ini sekaligus memulihkan sebagian keuntungannya dari penurunan tajam pada perdagangan Kamis. Sebagai informasi, dalam perdagangan sebelumnya emas sempat turun 0,6 persen menjadi USD 1.269 per ounce usai menyentuh level terendah sejak akhir Desember 2018 di USD 1.265,85 per ounce di awal perdagangan. Penyebab turunnya emas ini terjadi usai memupuskan ekspektasi terkait penurunan suku bunga dalam waktu dekat.

Walau Jumat ini emas , harga emas dilaporkan cenderung melemah selama sepekan dan mencatat penurunan dalam 5 minggu berturut-turut. Adapun harga emas untuk kontrak Juni 2019 di divisi Comex dilaporkan naik 0,7 persen atau USD 9,3 ke level USD 1.281,30 per ounce. Harga emas telah melemah 0,6 persen dalam sepekan ini.

Data terbaru AS menyatakan jika AS berhasil menciptakan 263 ribu tenaga kerja pada April, lebih tinggi dari konsensus pasar. Jumlah tenaga kerja yang meningkat sekaligus berhasil mendorong tingkat pengangguran ke posisi terendah dalam 49 tahun di kisaran 3,6 persen. Sementara itu, indeks AS melemah 0,3 persen dan berkontribusi terhadap penurunan mingguan 0,5 persen.

“Reaksi terhadap data tenaga kerja merupakan pergerakan V yang khas, naik pertama kemudian turun karena investor menyadari laporan nonfarm payrolls tidak sekokoh yang disarankan dalam pertumbuhan pekerjaan utama. Demikian pula, imbal hasil awalnya naik kemudian jatuh kembali saat obligasi menguat,” ungkap Fawad Razaqzada, Analis Forex.com, seperti dilansir Marketwatch melalui Liputan6.

Hal itu rupanya telah berhasil menopang Amerika Serikat dan juga harga emas. “Dengan persepsi data tenaga kerja bervariasi tidak mengubah prospek suku bunga AS,” bebernya.

Di sisi lain, harga emas batangan PT () Tbk hari ini, Sabtu (4/5) terpantau naik sebesar Rp 5.000 dari Rp 660 ribu menjadi Rp 665 ribu per 1 gram, dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga naik Rp 5.000 menjadi Rp 587 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian tersedia emas batangan cetakan UBS yang 1 gramnya dijual Rp 660 ribu.

Loading...