Sempat Dinyatakan Bodong, OJK Klarifikasi QNET Indonesia Adalah Bisnis Legal

QNET Indonesia - www.duapuluhtujuhdesember.comQNET Indonesia - www.duapuluhtujuhdesember.com

Pada akhir bulan Januari 2017 lalu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan 80 nama perusahaan yang dianggap sebagai perusahaan bodong. Secara mengejutkan, perusahaan QNET International Ltd masuk dalam daftar tersebut dan dianggap sebagai perusahaan yang menjalankan MLM ilegal.

Namun kemudian OJK mengeluarkan klarifikasi pada tanggal 7 Februari 2017 yang menyatakan bahwa QNET yang dimaksud dalam rilis data OJK tersebut bukanlah QNET Indonesia. Pasalnya QNET Indonesia merupakan perusahaan direct selling yang mempunyai izin dan legalitas berupa Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) Nomor 3/1/SIUPLT/PMA/PERDAGANGAN/2013.

QNET juga terdaftar dalam Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) sejak tahun 2015 lalu dengan nomor keanggotaan QNET 0167/06/15. Karena tak bergerak dalam bidang investasi atau pengelolaan dana masyarakat, QNET Indonesia yang berada di Jakarta, Surabaya, dan Bali memang tak memiliki kewajiban untuk melapor ke OJK.

“Masyarakat harus memahami bahwa perusahaan penjualan langsung bukan perusahaan investasi. Para member atau Independen Representative (IR) mendapatkan komisi setiap adanya penjualan produk. Lagipula, produk-produk kesehatan yang dipasarkan oleh QNET pun terdaftar di BPOM serta Kementerian Kesehatan. Kami juga memiliki produk lain seperti produk hidup, perhiasan, jam, , dan pendidikan,” ungkap Bangun Simbolon, General Manager QNET Indonesia, seperti dilansir Kompas.

Sejak pertama kali diperkenalkan tahun 1998 silam, Q NET atau yang kala itu disebut Questnet hanya mempromosikan koin dan perak unik dengan MLM. Namun bisnis koin koleksi tersebut kemudian disebut-sebut sebagai money game dan dinyatakan ilegal di sejumlah negara. Beberapa tahun kemudian Questnet muncul dengan nama baru, QNET dan menawarkan produk yang lebih variatif meski tetap mengusung cara pemasaran dengan MLM.

QNET memiliki beberapa produk yang terkenal misalnya saja seperti Biodisc dan Chi Pendant. Seperti halnya perusahaan MLM yang lain, QNET memberi peluang bagi siapa saja yang berminat menjadi member dengan membayar pendaftaran sekitar USD 10 kemudian membeli salah satu produknya dan rutin membayar tahunan sebesar USD 30. Nantinya sebagai distributor, member juga akan memperoleh bonus dari penjualan produk-produk QNET tersebut.

Loading...