Sempat Digunakan untuk Taksi, Harga Produk Seken Ford Ghia Jeblok

Ford Ghia - motoburg.com

Ghia merupakan generasi kedua dari Ford Laser yang pernah mengaspal di sekitar tahun 1985 sampai 1989, bersama dengan Ford Laser GL dan Ford Laser TX3. Selain yang cukup besar, yaitu 1,5 liter, mobil kompak berdesain hatchback yang sempat digunakan sebagai armada ini juga memiliki yang terjangkau. Di , seken atau bekas kendaraan tersebut ditawarkan dengan mulai Rp14 jutaan.

Mobil ini adalah produk Ford yang merupakan penerus seri Ford Laser generasi pertama. Versi Ghia dibekali dengan mesin berkapasitas 1,5 liter, dan didukung dengan fitur Power Window, Electric Mirror, Rear Wiper, dan Power Steering untuk model yang meluncur tahun 1988. Kala itu, kendaraan tersebut sering digunakan sebagai armada taksi, selain varian Ford Laser GL yang dirilis di awal 1990-an.

Sayangnya, meski dulu sempat populer, namun pamor Ford Ghia lama-lama makin meredup dan menyebabkan harga produk bekasnya anjlok. Di pasaran, Ford Ghia keluaran tahun 1986 sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp14 jutaan, sedangkan varian yang dirilis tahun 1989 di kisaran harga Rp15 juta sampai Rp30 jutaan, tergantung kondisi mobil.

Harga produk bekas mobil-mobil keluaran Ford di Indonesia memang turun drastis setelah PT Ford Motor Indonesia memutuskan tidak beroperasi lagi di Tanah Air sejak tahun 2016 lalu. Banyak konsumen yang beranggapan bahwa harga jual mobil Ford di Indonesia bakal terjun bebas karena susah untuk memperoleh spare part orisinal dan sudah ditinggal APM-nya.

“Ketika Ford Indonesia menyatakan tidak beroperasi lagi, tentunya pengguna mobil asal AS tersebut resah,” ujar Lutfil Hakim, pengguna Ford Everest yang berdomisili di Surabaya. “Namun, keresahan konsumen bukan karena masalah suku cadang dan onderdil, melainkan lebih pada purnajual mobil tersebut, karena akan membuat harga mobil ini jatuh di pasaran.”

Meski demikian, Lutfi menambahkan bahwa pengguna mobil Ford memang berbeda dibandingkan pengguna merek mobil lain. Pasalnya, pengguna mobil Ford ini termasuk ke kategori user sehingga kendaraan milik mereka kecil kemungkinan untuk dijual kembali. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan pemilik akan menawarkan mobil Ford mereka.

Loading...