Selain Jepang, Indonesia Jadi Basis Bisnis Utama Mitsubishi

Bisnis Utama Mitsubishi

asal , Corp telah menemukan model yang mereka anggap tepat untuk menanggulangi populasi Jepang yang menyusut, yakni dengan mengalihkan pola konsumsi Jepang ke negara Indonesia. Bahkan perusahaan perdagangan ini telah meminta dan barang sehari-hari untuk membangun di Indonesia.

Jika di Jepang Mitsubishi memiliki Lawson, maka di Kabupaten Bekasi Mitsubishi mendirikan pabrik roti yang dijalankan oleh perusahaan patungan antara Yamazaki Baking Jepang, Mitsubishi, dan Alfa Group selaku distributor makanan terbesar di Indonesia. Pabrik tersebut dibuka tahun 2014 lalu usai Mitsubishi mengundang Yamazaki ke Indonesia tahun 2011.

Alfa Group yang bekerjasama dengan Mitsubishi tahun 2011 telah mengoperasikan 13.000 Alfamart di seluruh Indonesia. Sementara itu Yamazaki menyuplai produk roti ke 5.200 Alfamart yang berjarak 170 km dari pabrik. Tepung yang digunakan sendiri berasal dari pabrik yang dikelola oleh Sriboga, produsen tepung terigu di Indonesia yang 10% sahamnya dimiliki Mitsubishi.

Karena nasi dan mie adalah makanan pokok, orang Indonesia hanya mengonsumsi sekitar 20% jumlah roti daripada yang dilakukan orang Jepang. “Tapi dengan konsumsi beras dan mie yang stabil, ada ruang besar untuk produk roti memperoleh pangsa ,” kata Ichiro Saito, presiden Yamazaki Indonesia, seperti dilansir Nikkei.

Hukum Indonesia sebenarnya melarang ekuitas asing di perusahaan lokal. Namun Mitsubishi memanfaatkan Alfamart untuk menyediakannya dengan toko ritel yang lebih kecil. Bahkan Mitsubishi telah berhasil membujuk produsen barang konsumsi Jepang mendirikan toko di Indonesia. Misalnya saja seperti Daio Paper yang mendirikan usaha patungan di Bekasi dengan Mitsubishi pada tahun 2015 lalu lewat produk popok kertasnya.

Tak hanya roti dan popok, produsen mayones Kewpie dan Nissin Food Holdings juga pindah ke Indonesia atas permintaan Mitsubishi. Pada tahun 2015, Mitsubishi mencatat kerugian bersih untuk pertama kalinya dalam sejarah karena fluktuasi pasar komoditas. Sejak saat itu Mitsubishi memutuskan fokus pada bisnis gaya hidup yang pendapatannya lebih stabil.

Konsumsi di Jepang yang menurun akibat populasi menyusut membuat Mitsubishi ingin menjadikan Indonesia sebagai tanah air keduanya. Bahkan bulan April lalu pabrik manufaktur baru Mitsubishi Motors Corporation (MMC) juga dibangun di Bekasi untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi Mitsubishi, baik dalam negeri maupun .

“Indonesia mungkin awalnya tidak memberikan kontribusi untuk keseluruhan pendapatan Mitsubishi dalam waktu dekat ini, tetapi pada akhirnya dapat menggoyahkan Jepang sebagai pangsa pasar, apalagi jika meninjau pertumbuhan dan pendapatannya,” kata Yuji Tsushima, wakil presiden MC Living Essentials Indonesia.

Loading...