Rabu Sore, Rupiah Ditutup Melemah Super Tipis 0,01%

Rupiah - www.aktual.comRupiah - www.aktual.com

JAKARTA – tetap gagal mengatrol posisi ke teritori hijau pada Rabu (19/2) sore ketika memperhitungkan kejatuhan ekonomi yang semakin dalam akibat wabah coronavirus. Menurut paparan Index pada pukul 15.59 WIB, Garuda ditutup melemah sangat tipis, 1 poin atau 0,01% ke level Rp13.695 per AS.

Sementara itu, siang tadi menetapkan berada di posisi Rp13.717 per dolar AS, terdepresiasi 41 poin atau 0,3% dari perdagangan sebelumnya di level Rp13.676 per dolar AS. Di saat yang bersamaan, mayoritas mata uang juga tidak berdaya melawan , dengan pelemahan terdalam sebesar 0,17% menghampiri yen Jepang.

“Pasar masih mencari tahu dampak virus corona pada aset ,” tutur analis Nomura Holdings Inc., Dushyant Padmanabhan, dilansir Bloomberg. Kami masih berpikir pasar akan berhati-hati. Di Asia, ini berarti preferensi terhadap pelonggaran kebijakan moneter. Ke depan, saya rasa data mengenai dampak virus corona akan menjadi pendorong utama kebijakan moneter.”

Dari pasar global, indeks dolar AS berdiri tinggi di atas euro yang merana dan mata uang eksportir yang banyak dijual, karena investor memperhitungkan kejatuhan ekonomi yang semakin dalam akibat wabah coronavirus. Mata uang Paman Sam terpantau menguat tipis 0,002 poin ke level 99,442 pada pukul 12.22 WIB, setelah kemarin sudah berakhir naik 0,437 poin atau 0,44% di posisi 99,440.

Seperti dilaporkan Reuters, virus corona baru telah menyebabkan 2.004 kematian di China dan menginfeksi lebih dari 74.000 orang, sementara langkah-langkah untuk menahannya telah melumpuhkan ekonomi dan rantai pasokan yang diberikannya. Apple Inc. telah memperingatkan akan kehilangan sasaran penjualan pada kuartal pertama 2020 di tengah gangguan produksi dan kebiasaan berbelanja.

“Pasar sedang mencoba memodelkan dirinya pada coronavirus dan berjuang untuk memahami bagaimana hal itu terjadi dan itu mendorong modal ke AS,” kata kepala penelitian di pialang Melbourne Pepperstone, Chris Weston. “AS tetap memiliki kaos yang paling tidak kotor, rumah terbaik di lingkungan yang cukup kumuh, sebagai tujuan untuk modal yang Anda cari.”

Loading...